Harga Ekspor CPO Juli 2023 Naik 7,53 Persen Didukung Cina dan India

oleh -2513 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. InfoSAWIT/ Kegiatan Ekspor CPO di Pelabuhan.

InfoSAWIT, JAKARTA Negara-negara tujuan ekspor minyak sawit mentah (CPO) dan turunannya masih bergeliat dan ekspansif. Sebab itu, kebutuhan konsumsi masyarakatnya cenderung memiliki ceruk pasar besar dan memiliki daya beli yang relatif bertumbuh.

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS) yang diolah Pusat Data Bisnis InfoSAWIT (PDBI), keberadaan bisnis minyak sawit sebagai bagian dari kinerja ekspor non migas masih bertumbuh. Negara Cina (Tiongkok) dan India, masih menjadi tujuan pasar utama bagi produk minyak nabati ini.


BPS menjelaskan keadaan ekonomi di India, masih bertumbuh relatif besar. Pada Juli 2023, ekonomi India berlandaskan PMI manufaktur negara Mitra dagang utama, masih berada pada zona ekspansif.

BACA JUGA: Harga CPO KPBN 30 Agustus 2023 Masih Withdraw Penawaran Tertinggi Rp 11.220 Per Kg

Bersumber dari rilis pertumbuhan ekonomi negaranya, India masih mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 6,2 persen pada periode Juli 2023. Kendati turun dari bulan sebelumnya, yang mencapai 13,1 persen dan 9,1 persen bila dibandingkan periode tahun sebelumnya.

Kondisi ekonomi ekspansif juga masih dialami negara Tiongkok (Cina) yang masih mengalami pertumbuhan 6,3 persen pada periode Juli 2023. Ekonomi cina bulan sebelumnya sebesar 4,5 persen dan 0,4 persen bila dibandingkan tahun sebelumnya. Kinerja ekonomi Cina juga menunjukkan daya beli konsumen yang masih terjaga.

Kendati pasar utama tujuan ekspor CPO dan produk turunannya masih memiliki daya beli konsumsi yang bertumbuh, namun harga jual CPO cenderung turun bila dibandingkan harga tahun lalu. Harga rata-rata Juli 2023 sebesar US$ 878,5 per ton, bila dibandingkan setahun sebelumnya, harga CPO mencapai US$ 1.056,6 per ton atau turun hingga 16,86 persen.

BACA JUGA: Persaingan Industri Minyak Nabati Global

Kinerja ekspor CPO dan turunannya juga turun hingga 19,25 persen, bila dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Dimana nilai ekspor CPO dan turunannya sebesar US$ 2,82 miliar.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com