Mentan Syahrul Yasin Limpo: Kita Berpihak Kepada Petani Adalah Kewajiban

oleh -11312 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. InfoSAWIT/ Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, saat membuka acara Rembug Tani Nasional Petani Kelapa Sawit Indonesia 2023, di Jakarta, Kamis (31/8/2023).

InfoSAWIT, JAKARTA – Dengan luas areal mencapai 42% dari total perkebunan kelapa sawit di Indonesia, petani sawit swadaya tidak bisa diabaikan begitu saja. Diungkapkan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, petani sawit harus turut membuat negara lebih berkembang dan kuat, tetapi tidak dengan cara yang menghancurkan.

“Kita berpihak kepada petani itu adalah kewajiban,” katanya saat membuka acara Rembug Tani Nasional Petani Kelapa Sawit Indonesia 2023, yang diadakan Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) di Jakarta yang dihadiri InfoSAWIT, kamis (31/8/2023).

Kata Mentan, seperti apa yang telah selalu disampaikan Presiden Joko Widodo, bahwa pemerintah mesti mendukung kemitraan petani untuk mendongkrak peningkatan ekonomi, namun keberpihakan ini jangan sampai membuat petani menjadi ‘manja’, tetapi harus dilakukan dengan kerja keras. “SPKS Selama ini tidak memberatkan pemerintah, tetapi kami selalu melakukan asisteni,” kata Mentan Syahrul.

BACA JUGA: Harga Ekspor CPO Juli 2023 Naik 7,53 Persen Didukung Cina dan India

Mentan mengakui, bahwa kebun petani sawit kedepan mesti didorong untuk terus berkembang baik itu dari sisi hulu (produktivitasnya), bagaimana target yang akan dicapai, bagaimana pola budidaya yang harus dilakukan, serta bagaimana industrinya. “Sawit ini saya ibaratkan tambang emas dengan nilai 100 karat, bukan lagi 24 karat, negara butuh sawit,” tandas Syahrul. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com