Memilih Tanaman Tumpang Sari di Kebun Sawit, Supaya Pendapatan Meningkat

oleh -16361 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. Sawit Fest 2021/Foto: Dea Kinanti/Lanskap Perkebunan Kelapa Sawit.

InfoSAWIT, JAKARTA –  Animo masyarakat menanam sawit bukannya tanpa alasan, sawit yang ditengarai bakal memberikan keuntungan segunung, menjadi pendorong kuat masyarakat beramai-ramai membudidayakan komoditas unggulan ini.

Bahkan sampai membuat masyarakat tidak peduli guna memerhatikan syarat dan cara menanam sawit. Lantaran tersiar kabar sawit mudah dibudidayakan, tanpa dirawat sawit pasti tumbuh, dari kabar itulah membuat petani berani membudidayakan sawit kendati minim pengalaman.


Wajar bila kemudian merujuk prediksi Kementerian Pertanian, pada 2023 kepemilikan kebun sawit masyarakat tercatat telah mencapai 6 juta ha atau sekitar 42% dari total lahan perkebunan kelapa sawit nasional yang tutupan luasnya mencapai 16,3 juta ha.

BACA JUGA: Harga TBS Sawit Kaltim Periode I-November 2023 Naik Rp. 66,63/kg, Cek Harganya..

Dengan tingginya animo masyarakat dalam membudidayakan kelapa sawit sebenarnya memiliki potensi terpendam, utamanya dalam penerapan pertanian dengan cara tumpang sari. Sejatinya petani sawit kedepan bisa didorong guna menerapkan praktik budidaya sawit secara tumpang sari dengan tanaman lain.

Merujuk penelitian yang dilakukan  Edi Werdiana dan Zainal Mahmud yang dilakukan tahun 2003 silam, mencatat secara teori tidak semua jenis tanaman dapat diusahakan sebagai tanaman sela diantara tanaman pokok.

Sebab  itu butuh pemahaman yang mendalam tentang karakter tanaman pokok dan tanaman sela, sehingga aspek-aspek yang berkaitan dengan konsep sinergisme dapat lebih ditingkatkan, sementara aspek-aspek merugikan yang berkaitan dengan antagonisme dan alelopati dapat ditekan seminimal mungkin.

BACA JUGA: Integrasi Tanaman Jagung – Sawit Untuk Hadapi Krisis Pangan, Ini Alasan Dibelakangnya

Guna kelangsungan usahatani tanaman sela di antara kelapa sawit, perlu memilih dan memadukan tanaman dari jenis-jenis tanaman yang menunjukkan fungsi saling melengkapi sehingga dapat berinteraksi secara sinergi, bukannya bersaing satu sama lain, yang pada akhirnya malah merugikan.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com