Kamsen Saragih: Ada Kepuasan Saat Membangun Kebun Sawit

oleh -10830 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. InfoSAWIT/Kamsen Saragih, praktisi sawit.

InfoSAWIT, JAKARTA – Saat mengawali karir di sektor perkebunan kelapa sawit, ada kepuasan yang tidak bisa terlukiskan di dalam diri Kamsen Saragih. Apalagi saat itu bertugas membangun kebun sawit di lokasi remote area yang kala itu masih belum banyak kebun yang dikembangkan.

Di dalam diri Kamsen Saragih mengalir jiwa pekebun yang diwariskan dari sang ayah yang bekerja di Perkebunan. Pemandangan kebun dan kegiatan sehari-hari di perkebunan menjadi hal yang biasa bagi Kamsen.


Apalagi pernah pula diajak sang Ayah untuk mengikuti kegiatan kebun, saat itu Kamsen pun memahami bekerja di kebun harus kuat baik fisik maupun mental.  Tanpa keduanya, maka akan sulit untuk bekerja di perkebunan.

BACA JUGA: Kepala Desa Sembuluh II: Dorong Sektor Sawit Bermanfaat Bagi Penduduk Setempat

Kendati sudah mengenal baik sektor perkebunan semenjak remaja bukannya langsung tertarik menggeluti sektor tersebut, justru Kamsen lebih memilih cita-cita masuk sekolah jurusan sosial politik.

Namun sayang cita-citanya itu kandas ditengah jalan, lantaran jalan hidup berkata lain. Saat lulus Sekolah Menengah Kejuruan, Kamsen justru masuk ke Sekolah Tinggi Pertanian (Stiper) yang kini telah berganti menjadi Instiper di Jogjakarta.

Saat lulus Kamsen pun menerapkan semua ilmu yang dimiliki sampai akhirnya masuk bekerja di sektor perkebunan kelapa sawit, penempatan pertama di Kalimatan. “Saat itu belum banyak kebun sawit dibangun, saya menikmati di Kalimantan, alamnya dan masyarakatnya cocok,” katanya kepada InfoSAWIT, belum lama ini di Jakarta.

BACA JUGA: Awalnya Dianggap Tak Waras, Kala Kembangkan Burung Hantu Di Kebun Sawit

Saat bekerja di kebun sawit muncul kembanggaan dalam diri Kamsen, apalagi bekerja di kebun lebih banyak menanam ketimbang merusak. “Bekerja di kebun lebih banyak sukanya, saya memiliki kebanggaan lantaran saya lebih banyak mengembangkan kebun sawit, seperti memiliki kepuasan tersendiri,” katanya bercerita.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com