Genjot Produksi Sawit, BPDPKS dan Ditjenbun Gandeng IPB Training Gelar Pelatihan Teknis Budidaya Bagi 89 Petani Sawit di Sumatera Utara

oleh -2676 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. InfoSAWIT/ Genjot Produksi Sawit, BPDPKS dan Ditjenbun Gandeng IPB Training Gelar Pelatihan Teknis Budidaya untuk Petani Sawit di Sumatera Utara.

InfoSAWIT, MEDAN – IPB Training kembali dipercaya oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) untuk menyelenggarakan pelatihan mengenai Teknis Budidaya Kelapa Sawit di Sumatera Utara. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, kompetensi, dan kemampuan petani sawit dalam budidaya kelapa sawit.

Pelatihan diikuti oleh 89 peserta yang terdiri dari pekebun dan keluarga pekebun dari Kabupaten Asahan. Kegiatan ini berlangsung selama lima hari, dari 10 hingga 14 Juni 2024, di Hotel GranDhika Setiabudi Medan, Sumatera Utara.


Pada pembukaan acara yang berlangsung pada 10 Juni 2024, narasumber dari IPB, Hariyadi, menyampaikan bahwa luas perkebunan sawit rakyat mencapai 6,21 juta hektar atau 40,51% dari total luas areal perkebunan sawit di Indonesia pada tahun 2022.

BACA JUGA: 325 Petani Sawit Swadaya Anggota KUD Tri Daya Didaftarkan BPJS Ketenagakerjaan

“Namun dalam aplikasi budidaya, saya yakin masih mengandalkan pengetahuan masing-masing. Sehingga pelatihan ini menjadi momen yang tepat untuk petani belajar ilmu dan teknologi yang sesuai serta memahami aplikasi Good Agricultural Practices (GAP) untuk budidaya kelapa sawit,” ujar Hariyadi dalam keterangan resmi InfoSAWIT Jumat (14/6/2024).

Lebih lanjut kata Hariyadi, berharap dari pelatihan ini, petani dapat mengikuti dengan baik sehingga menjadi petani yang cerdas, pintar, dan berkualitas. “Petani yang dapat mengaplikasikan apa yang sudah didapatkan selama pelatihan sehingga produktivitas bisa meningkat dan naik kelas,” kata Hariyadi.

Sementara, Koordinator atau Ketua Kelompok Bidang SSP (Standarisasi Sertifikasi Profesi) Pusat Pelatihan Pertanian BPPSDMP Kementerian Pertanian, Eka Herrisuparman, menyampaikan bahwa IPB Training adalah salah satu lembaga pelatihan yang sudah terakreditasi. “Kami berharap bahwa pelatihan ini benar-benar dapat meningkatkan keterampilan dan kemandirian petani dalam budidaya kelapa sawit,” kata Eka.

BACA JUGA: BPDPKS Umumkan 73 Proposal Lolos Seleksi dalam Program Grant Riset Sawit 2024

Senada diungkapkan Sekretaris Sekretariat Tim Pengembangan Sumber Daya Manusia Perkebunan Kelapa Sawit Direktorat Jenderal Perkebunan, Herly Kurniawan, menyebutkan bahwa tahun ini setidaknya ada 600 peserta pelatihan dari Provinsi Sumatera Utara, dengan 210 peserta berasal dari Kabupaten Asahan. “Fokus utama topik pelatihan hari ini adalah teknis budidaya kelapa sawit sehingga kami sangat berharap agar petani dapat memperoleh tambahan pengetahuan dan kompetensi sehingga bisa melakukan budidaya dengan baik,” jelas Herly.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com