Kendaraan Angkutan Hasil Perkebunan Kelapa Sawit Wajib Gunakan BBM Non Subsidi

oleh -4689 Dilihat
Dok. InfoSAWIT

InfoSAWIT, SAMPIT – Kendaraan yang mengangkut hasil pertambangan maupun perkebunan kelapa sawit diwajibkan menggunakan bahan bakar minyak (BBM) non subsidi, termasuk di Kalimantan Tengah. Aturan ini sesuai dengan ketentuan bahwa angkutan hasil pertambangan dan industri sawit harus memakai BBM nonsubsidi.

Diungkapkan Area Manager Communication and CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Susanto August Satria. Kendaraan pengangkut hasil perkebunan kelapa sawit tidak boleh menggunakan BBM subsidi. “Dia harus BBM nonsubsidi atau BBM industri,” tegasnya seperti dilansir Antara.

BACA JUGA: Ternyata Tantangan Masih Menunggu Industri Minyak Sawit

Lebih lajut tutur Susanto, Pertamina terus berupaya mengawal agar distribusi BBM subsidi tepat sasaran. Selama ini masyarakat sering mengeluh mendapatkan BBM subsidi padahal pasokan dari Pertamina normal, bahkan terkadang melebihi kuota.

Untuk itu, upaya-upaya terus dilakukan agar BBM subsidi benar-benar dinikmati oleh yang berhak. Angkutan kegiatan perusahaan, termasuk angkutan hasil tambang maupun industri sawit seperti tandan buah segar atau minyak kelapa sawit (CPO), wajib menggunakan BBM nonsubsidi.

BACA JUGA: IPB University Bentuk Pusat Studi  Sawit, Koordinasikan Penelitian dan Kajian Sawit

Jika pun truk atau armada angkutan tersebut bukan milik perusahaan tambang atau perkebunan, tetapi milik pihak ketiga atau transportir, maka BBM yang digunakan tetap wajib menggunakan BBM non subsidi atau BBM industri.

Susanto menegaskan, poin penting aturan tersebut adalah pada peruntukan dan aktivitasnya, bukan soal armada yang digunakan. Meskipun truk yang digunakan milik transportir, tetapi kalau digunakan untuk mengangkut hasil tambang atau industri sawit maka wajib menggunakan BBM nonsubsidi. (T2)

Bagikan Artikel:

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


2 thoughts on “Kendaraan Angkutan Hasil Perkebunan Kelapa Sawit Wajib Gunakan BBM Non Subsidi

  1. Tidak masalah dgn kebijakan itu boleh saja alat pengangkut hasil tambang dan sawit menggunakan bbm industri tp tolong dong hargaTBS nya di perhatikan karena otomatis kalau pakai bbm industri ongkos angkut akan naik juga sementara hargaTBS tidak sesuai petani kecil yg menjerit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.