infosawit

Cargill Utamakan Keselamatan Pekerja Sawit



Cargill Utamakan Keselamatan Pekerja Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA - Pada Mei 2017, Cargill mengundang Verite, sebuah organisasi nirlaba terkemuka yang berfokus pada peningkatan kondisi kerja dan kinerja sosial dalam rantai pasokan global, untuk melakukan penilaian tenaga kerja independen di PT Harapan Sawit Lestari di Kalimantan Barat. Penilaian dilakukan di dua perkebunan dan dua pabrik yang mencakup aspek ketenagakerjaan dan hak asasi manusia, kompensasi dan jam, kesehatan dan keselamatan. Sejumlah praktik terbaik diapresiasi oleh Verite di bidang keselamatan, pengembangan karier, sistem pendidikan, keterlibatan/partisipasi karyawan, dan akurasi dalam dokumentasi.

Di Cargill, kesehatan dan keselamatan tempat kerja telah menjadi landasan operasi perusahaan, dimana prrogram tersebut secara konsisten diterapkan di seluruh perkebunan. “Kami telah menerapkan langkah-langkah ketat dengan prosedur pencegahan khusus sejalan dengan tindakan pemerintah Indonesia dan rencana Cargill secara global untuk meminimalkan risiko terkait wabah COVID-19,” kata Chief Executive Officer, Cargill Tropical Palm, Richard Low.

Langkah-langkah ini termasuk memeriksa suhu badan dan menyeleksi pengunjung (baik karyawan dan kontraktor), menerapkan jarak fisik satu hingga dua meter dalam setiap kegiatan kerja, serta menyediakan paramedis dan dokter di lokasi yang siap dengan protokol tanggap darurat kesehatan yang selaras dengan pedoman pemerintah.

Perusahaan secara aktif mengomunikasikan risiko COVID-19 kepada semua karyawan dan kontraktor melalui berbagai saluran komunikasi untuk memastikan bahwa mereka selalu memiliki pemahaman yang baik tentang risiko COVID-19.

Tutur Richard, Cargill akan selalu memantau situasi di Indonesia dan secara global, memperkenalkan langkah-langkah baru yang sesuai serta menyelaraskannya dengan pedoman nasional. “Kami memastikan bahwa semua operasi perkebunan kami adalah tempat kerja yang aman untuk seluruh karyawan dan kontraktor kami, apapun peranan mereka. Anda dapat melihat pernyataan Cargill global terhadap pandemi COVID-19,” tandas Richard.

Lebih lengkap baca InfoSAWIT Cetak Edisi April 2020

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit