infosawit

Gandeng Untan, Minamas Plantation Rumuskan Pencegahan Karhutla Berbasis Masyarakat



Gandeng Untan, Minamas Plantation Rumuskan Pencegahan Karhutla Berbasis Masyarakat

InfoSAWIT, JAKARTA - Dalam rangka mendukung program Pemerintah untuk mengatasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang datang tiap tahunnya  khususnya di tengah pandemi COVID-19, Minamas Plantation bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Tanjungpura.

Dikatakan Rektor Universitas Tanjungpura, Prof. Garuda Wiko, penandatanganan nota kesepakatan antara PT. Budidaya Agrolestari dan PT Sandika Natapalma – anak usaha Minamas Plantation dengan Universitas Tanjungpura, yakni untuk menjalankan program DMCA di Marau, Kalimantan Barat, bertujuan merumuskan pendekatan jangka panjang dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di sekitar kebun dan berbagi pengalaman tentang best practices dalam sustainable agricultural management tanpa membakar lahan.

“Seperti program-program yang telah dilakukan oleh Minamas Plantation sebelumnya, kami berharap program DMCA ini dapat terlaksana dengan adanya pedoman yang dapat diimplementasikan di lapangan,” kata Prof. Garuda Wiko secara online yang dihadiri InfoSAWIT, Selasa (30/6/2020).

Sementara CEO Minamas Plantation, Shamsuddin Muhammad mengungkapkan, semenjak awal beroperasi, Minamas Plantation telah menerapkan kebijakan Zero Burning Policy secara ketat di seluruh area operasional untuk mencegah terjadinya kebakaran khususnya pada saat musim kering.

Lebih lanjut tutur Shamsuddin, pihaknya juga telah melaksanakan inisiatif lainnya meliputi pencegahan dan penanganan karhutla. Dibidang pencegahan, perusahaan membangun inisiatif berbasis masyarakat, seperti pembentukan Masyarakat Peduli Api, program Desa Mandiri Cegah Api (DMCA), Guru Peduli Api dan berbagai inisiatif lainnya.

“Dibidang penanganan, kami terus berupaya secara intensif melaksanakan berbagai kesiapsiagaan di wilayah operasional kami dengan memonitor titik api setiap harinya, sosialisasi karhutla dengan masyarakat sekitar, hingga pelatihan ataupun simulasi pemadaman api,” katanya.  (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit