infosawit

Cegah Kebakaran Lahan, PT SSMS Bentuk Petani Peduli Api APKSM



Cegah Kebakaran Lahan, PT SSMS Bentuk Petani Peduli Api APKSM

InfoSAWIT, KALTENG – Sebagai upaya menyambut datangnya musim kemarau dan bahaya kebakaran lahan, Tim Fire Manajemen Sustainibility PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) membentuk Tim Peduli Api di Asosiasi Petani Kelapa Sawit Mandiri (APKSM).

Pembentukan Tim tersebut dibarengi dengan pelatihan deteksi titik api (hotspot) melalui aplikasi android, guna memudahkan dan penerapannya oleh petani sawit swadaya anggota APKSM. Dalam pelatihan Petani Peduli Api yang  diselenggarakan di kantor APKSM berlokasi di Desa Kadipi Atas pada Selasa (7/7/2020),  petani juga dilatih praktik penanggulangan bahaya kebaran.

Pelatihan ini diikuti oleh Pengurus APKSM dan perwakilan anggota petani swadaya dari Desa Kadipi Atas dan Desa Sungai Rangit Jaya. Menurut Joko Karyawan, salah satu petani anggota dari Desa Sungai Rangit Jaya, pelatihan ini berguna sekali karena titik kebakaran dapat dengan mudah dipantau dari rumah dengan HP Androidnya. Dia dapat mengetahui letak  koordinat titik api bahkan dapat diketahui jarak dan arah menuju titik api melalui peta dan kompas digital yang sudah terinstal.

Instruktur Pelatih, Asnawi mengungkapkan, aplikasi yang dirancang oleh SSMS untuk APKSM tersebut dibuat sesederhana mungkin untuk dapat diaplikasikan oleh petani anggota APKSM. Tujuannya supaya masing-masing anggota APKSM memiliki kesadaran untuk memantau dan mengantisipasi bahaya kebakaran di lahan masing-masing, dan Tim Peduli Api APKSM bisa segera menangani potensi bahaya kebakaran.

Dikatakan Ketua APKSM, YB. Zainanto Hari Widodo, dengan mengikuti skim minyak sawit berkelanjutan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), petani swadaya anggota APKSM menjadi petani yang terampil dan lebih maju. Bukan saja dari peningkatan hasil produksi, namun juga melalui program-program pelatihan yang diberikan oleh pendamping maupun mitra APKSM seperti Fortasbi dan pihak RSPO

“Pada kesempatan ini, PT SSMS juga memberikan bantuan kepada APKSM berupa satu set alat pompa air yang digunakan untuk perlengkapan pemadam kebakaran,” tutur Zainanto Hari Widodo kepada InfoSAWIT, belum lama ini.  (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit