infosawit

FGV Tanggung Biaya Perawatan Gajah Kalimantan yang Terluka di Sabah



FGV Tanggung Biaya Perawatan Gajah Kalimantan yang Terluka di Sabah

InfoSAWIT, SABAH - Setelah penyelamatan bayi gajah Kalimantan oleh pekerja perkebunan kelapa sawit di wilayah Sahabat 54 dekat perbatasan Hutan Cagar Tabin pada bulan April, FGV Holdings Berhad (FGV) mengumumkan bahwa mereka akan membantu Departemen Satwa Liar (SWD) dengan menutup biaya perawatan dan proses perawatannya.

Gajah Kalimantan berusia dua tahun bernama 'Sahabat', ditemukan berkeliaran di sekitar area perkebunan kelapa sawit oleh pekerja FGV dan sambil menunggu SWD, Satgas Penyelamatan Satwa Liar (WRU), membangun tempat perlindungan sementara untuk gajah tersebut.

Para pekerja mengambil tindakan pencegahan ekstra karena Covid-19 dan membantu personel SWD dan WRU yang datang untuk memeriksa bayi gajah tersebut. Belakangan diketahui bahwa kedua matanya menderita infeksi parah, yang mungkin mempengaruhi penglihatannya, menyebabkan Sahabat menjauh dari kawanannya.

Mereka kemudian membuat kandang khusus untuk mengangkutnya guna dilakukan perawatan lebih lanjut di Taman Margasatwa Lok Kawi di Kota Kinabalu, sekitar lebih dari 500 km jauhnya dari perkebunan.

“Misi penyelamatan membutuhkan waktu enam hari dan kami senang bahwa Sahabat ada di tangan yang baik. Kami juga senang mengadopsi Sahabat dan menanggung biaya perawatan, makanan, dan perawatan selama seluruh periode rawat inap,” kata Chief Executive Officer FGV Group Dato Haris Fadzilah Hassan, dalam keterangan tertulis diterima InfoSAWIT, Jumat (10/7/2020).

Lebih lanjut kata Dato Haris Fadzilah Hassa, total perkiraan pengeluaran untuk program adopsi tiga hingga enam bulan bayi gajah tersebut mencapai sekitar RM 16.000,  tergantung pada status pemulihan dan kesiapan Sahabat untuk dilepaskan kembali ke alam liar.

“Langkah ini sesuai dengan kewajiban di Malaysia untuk melindungi satwa liar yang terancam punah, dan sebagai bagian dari komitmen kami terhadap persyaratan sertifikasi RSPO dan MSPO,” pungkas Haris Fadzilah. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit