infosawit

Musim Restrukturisasi Kredit Portofolio Sawit



Musim Restrukturisasi Kredit Portofolio Sawit

Pengembangan perkebunan kelapa sawit kerap dihadapkan pada situasi ketidakpastian, sehingga berpotensi mempengaruhi tingkat kolektabilitas terhadap kredit perbankan. Sebab itu mekanisme restrukturisasi pada kredit perbankan dan memperpanjang tenor utang pokok menjadi salah satu solusi.

Semester II tahun 2019 hingga trimester pertama 2020 bukan masa yang ideal bagi investor kelapa sawit. Banyak persoalan yang mengganggu kinerja industri kelapa sawit, mulai dari El- Nino berkepanjangan yang berpengaruh pada produksi, tren harga CPO yang terus menurun dan terakhir dampak dari virus korona yang berpengaruh pada kinerja dan harga CPO.

Hal ini tentu sangat berpengaruh pada perkebunan kelapa sawit yang masih sangat mengandalkan pembiayaan dari bank, utamanya perusahaan kelapa sawit dengan profil yang masih project atau brownfield (belum sepenuhnya menghasilkan/ TM).

Skema pembiayaan bank umumnya menggunakan skema model pembiayaan baloon payment ( kewajiban pembayaran yang makin membesar dari tahun ke tahun). Dengan skema ini akan sangat memberatkan portofolio kredit sawit dengan kinerja yang tidak optimal.

Model pembiayaan baloon payment umumnya sangat bergantung pada recurring income yang diperoleh dari operasional, sehingga dengan kinerja operasional yang terganggu maka akan berdampak pada status kolektabilitas kredit pembiayaan industri sawit. Kini industri sawit menyumbangkan angka non performing loan (NPL) yang signifikan pada portofolio pembayaan perbankan, baik bank pemerintah maupun swasta.

Kini paska musibah korona, Otoritas Jasa Keuangan (OJK ) mengumumkan pelonggaran kolektabilitas kredit dan tentu saja disertai upaya untuk menghindari NPL pada portofolio kelapa sawit.

Salah satu cara yang perlu ditempuh dalam hal ini adalah memberi kelonggaran mekanisme restrukturisasi pada kredit perbankan yang turun kolektabilitasnya. Umumnya relaksasi kredit yang dapat dilakukan selain memperpanjang tenor utang pokok adalah juga dengan pembayaran bunga di belakang (divert)......

Penulis: Dr. Dr Rio Christiawan, S.H.,M.Hum.,M.Kn / Pakar Hukum Lingkungan Dan Industri Kelapa Sawit

Lebih Lengkap Baca Majalah InfoSAWIT Cetak Edisi MEI 2020

 


. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

infosawit