infosawit

Tangan Sosial Petani Sawit Swadaya Dikala Covid-19



Tangan Sosial Petani Sawit Swadaya Dikala Covid-19

Bencana menjadi kesempatan untuk munculnya sebuah kebaikan. Di tengah pandemi virus korona (Covid-19) yang melanda Indonesia, muncul kisah keterlibatan petani sawit swadaya ikut bergerak di balik layar. Panggilan kemanusiaan mendorong Sejumlah kelompok petani swadaya tersertifikat Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) untuk bergerak.

Ada sebuah ungkapan bijak bahwa “kita tidak perlu kaya untuk berbagi, hanya butuh hati yang kaya dan seluas samudera”. Dari sinilah kisah ini ditulis, dengan segudang keterbatasannya, petani sawit swadaya memiliki tekad yang kaya dan luas untuk bisa berbagi dengan warga yang membutuhkan.

Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan sentra-sentra perkebunan kelapa sawit telah berdampak langsung terhadap petani, setelah dilakukannya pembatasan sosial dan menerapkan physical distancing dimana interaksi sosial dibatasi.

Padahal kehidupan budaya masyarakat petani sawit swadaya acap bertegur sapa bahkan saat beristirahat mereka terkadang berkumpul dan membuka bekalnya untuk berbagi makanan. Demikian pula dalam skala yang lebih besar, petani sawit swadaya memiliki perkumpulan kelompok tani yang memiliki agenda pertemuan rutin, guna membahas terkait dengan pengelolaan kebun, maupun mengenai sosial kemasyarakatan lain di sekitar mereka.

Bahkan dengan mengikuti program sertifikasi pun, kebiasaan berkumpul menjadi semakin sering dalam kelompok tani. Sayangnya, budaya petani sawit swadaya tersebut kini tidak bisa dilakukan lantaran pandemi covid-19.

Meski demikian, keadaan bencana ini tidak membuat petani swadaya menanggalkan jiwa sosial untuk peduli dengan sesamanya. Jiwa gotong royong yang melekat pada petani sawit swadaya, membuat mereka tetap bertekad untuk bisa memberi, dengan segala keterbatasannya....

Penulis: YB. Zainanto Hari Widodo / Grup Manajer Asosiasi Petani Kelapa Sawit Mandiri (APKSM)

Lebih Lengkap Baca Majalah InfoSAWIT Cetak Edisi Mei 2020

 


. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

infosawit