infosawit

Petani Sawit Swadaya AP BML, Bantu Ringankan Masyarakat Terdampak Covid-19



Petani Sawit Swadaya AP BML, Bantu Ringankan Masyarakat Terdampak Covid-19

InfoSAWIT, JAKARTA - Petani kelapa sawit swadaya yang tergabung dalam Asosiasi Petani Berkah Mandah Lestari (AP BML) ini, beralamatkan di Desa Taman Raja, Kecamatan Tungkal Ulu Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi. Asosiasi yang beranggotakan 218 petani kelapa sawit swadaya ini terdiri dari 8 kelompok tani yang tersebar di 6 desa dan 2 kecamatan.

Kendati kelompok petani sawit swadaya ini baru memperoleh sertifikat minyak sawit berkelanjutan skim Roundtable on Sustainable palm Oil (RSPO) tahun 2019 lalu, namun di tengah bencana pandemi Covid-19, mereka mampu menyisihkan dana insentif sertifikasi RSPO untuk pencegahan wabah Covid-19, serta membantu anggota kelompok dan masyarakat di sekitarnya dalam bentuk bantuan sembako.

Untuk penanganan pencegahan wabah Covid-19, asosiasi membantu 2 set alat pengukur suhu, 4 set APD lengkap dan desinfektan. Sedangkan dalam bentuk sembako, asosiasi memberikan total bantuan senilai 300 paket yang terdiri dari 218 paket dan untuk masyarakat sejumlah 82 paket.

Menurut Ketua Asosiasi Petani Berkah Mandah Lestari (AP BML), Ardiansyah, selain pemberian paket sembako asosiasi juga memberikan bantuan operasional bagi kelompok tani. Menurutnya, keprihatinan yang dirasakan oleh petani sawit swadaya perlu mendapat perhatian dari asosiasi.

“Walau nilainya kecil, tetapi masalah yang besar akan dirasakan ringan apabila juga dirasakan oleh pihak-pihak lain, ibarat peribahasa berat sama dipikul, ringan sama dijinjing,” tutup Ardiansyah. (penulis: YB Zainanto Hari Widodo)

Lebih lengkap baca InfoSAWIT Cetak edisi Mei 2020

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit