infosawit

Cegah Covid-19, Perusahaan Sawit Beri Bantuan Ke Pusat Rehibilitasi Orangutan



Cegah Covid-19, Perusahaan Sawit Beri Bantuan Ke Pusat Rehibilitasi Orangutan

InfoSAWIT, JAKARTA – salah satu perusahaan perkebaunan kelapa sawit di Indonesia, Minamas Plantation, menyerahkan bantuan ke Pusat Perlindungan dan Rehabilitasi Orangutan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) Nyaru Menteng, sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap upaya penanggulangan COVID-19 bagi 100 Orangutan di Kalimantan Tengah.

Kendati saat ini belum ada kasus penularan Covid-19 dari manusia ke orangutan, tetapi potensi penularannya ditengarai cukup tinggi mengingat kesamaan DNA antara manusia dan orangutan sebesar 97%.

Bantuan tersebut bakal digunakan untuk membantu program rehabilitasi orangutan seperti pemberian vitamin untuk meningkatkan imunitas bagi 100 orangutan yang berada di pusat rehabilitasi, namun juga bagi kesehatan para pengasuh / pekerja yang berdedikasi penuh dalam merawat satwa dilindungi tersebut.

“Pandemi COVID-19 tak hanya berdampak bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, lantaran kegiatan perlindungan dan rehabilitasi satwa, khususnya orangutan, di Kalimantan Tengah pun turut merasakan dampaknya, baik dari sisi peningkatan kesehatan maupun pengadaan pakan dan obat-obatan,”  tutur CEO Minamas Plantation, Shamsuddin Muhammad, dalam keterangan tertulis diterima InfoSAWIT, belum lama ini.

Sementara dikatakan CEO BOS Foundation, Jamartin Sihite, selama pandemi para staf bekerja dibawah protokol yang diperketat dan dalam rotasi kerja yang disesuaikan, untuk menjamin orangutan tetap aman dari potensi penularan Covid-19 dari manusia.

“Kami juga menghentikan semua upaya penggalangan dana langsung, ataupun diluar jaringan, yang menuntut temu muka antar manusia dalam kelompok besar. Kondisi ini memberikan tekanan finansial kepada kami, terutama dengan meningkatnya harga Alat Pelindung Diri (APD) beberapa waktu lalu, dan kini tren harga pakan juga meningkat akibat pelaksanaan PSBB yang cukup lama,” tandas dia. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit