infosawit

Petani Sawit Swadaya APKSM, Alokasikan Insentif Sertifikat RSPO Untuk Cegah Covid-19



Petani Sawit Swadaya APKSM, Alokasikan Insentif Sertifikat RSPO Untuk Cegah Covid-19

InfoSAWIT, JAKARTA – Asosiasi Petani Kelapa Sawit Mandiri (APKSM) berdiri dan menjadi anggota RSPO sejak tahun 2019 lalu, dan beranggotakan 265 petani sawit di Pangkalan Lada, Kabupaten Kotawaringin Barat, Propinsi Kalimantan Tengah. Menurut Ketua APKSM, YB. Zainanto Hari Widodo, pandemi Covid-19 bukan lagi berada di luar negeri maupun di seberang lautan tetapi saat ini sudah berada di sekitar tempat tinggal kita.

Untuk itu APKSM mengalokasikan sebagian dari dana penjualan sertifikat RSPO dalam bentuk sembako kepada anggota dan warga masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, sebagai wujud hubungan baik dengan Puskesmas Pangkalan Lada yang setiap bulan mengadakan program UKK (Unit Keselamatan Kerja), APKSM juga memberikan bantuan thermogun guna mendukung pelayanan kesehatan puskesmas.

Gotong Royong merupakan budaya bangsa Indonesia dan di dalamnya budaya petani sejak dahulu kala. Petani swadaya bukanlah kelompok kelas atas yang memiliki segala sesuatu kekayaan untuk disumbangkan. Tetapi kekayaan hati yang dimiliki petani swadaya mampu memberi dengan segala keterbatasan yang dimiliki.

Banyak program, rencana, maupun hal-hal lain yang telah tersusun, namun petani sawit swadaya memilih untuk mengesampingkannya untuk sejenak, dan mengutamakan bergotong royong membantu anggota yang lain, membantu sesama yang terkena imbas dari pandemi Covid-19, membantu pemerintah desa dimana mereka berada, membantu tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam pandemi ini.

“Calamitas Virtutis Occasio, di balik setiap bencana, akan muncul kesempatan untuk melakukan kebaikan. Demikian petani sawit swadaya di balik rutinitasnya membuktikan bahwa nilai-nilai kemanusiaan bisa memanggil siapapun guna melakukan kebaikan,” kata Hari Widodo. (T2)

Lebih lengkap baca InfoSAWIT Cetak Edisi Mei 2020


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit