infosawit

RS Pratama Pundu Mulai Beroperasi Secara Bertahap



RS Pratama Pundu Mulai Beroperasi Secara Bertahap

InfoSAWIT, KOTIM - Rumah Sakit (RS) Pratama Pundu, berlokasi di Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berdiri tepat di dekat Pintu Gerbang Utama perkebunan kelapa sawit milik Bumitama Gunajaya Agro (BGA) Group Region Pundu (PT Windu Nabatindo Lestari) di jalan poros nasional, nampak masih belum siap secara operasional. Padahal banyak warga sekitar berharap RS tersebut bisa segera beroperasi.

Untungnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) akhirnya bisa mengoperasikan RS tersebut, hanya saja masih terbatas untuk pelayanan pengobatan rawat jalan seperti layaknya Puskesmas. Dimana proses pembangunan RS Pratama ini didukung juga oleh beberapa perusahaan sekitar, salah satunya BGA Group.

"Kita tidak bisa memaksa, sebagai Rumah Sakit Pratama, karena pembangunannnya belum selesai seratus persen. Sambil jalan secara bertahap, dioperasionalkan hanya untuk pelayanan rawat jalan saja seperti Puskesmas," tutur Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotim, Faisal Novendra Cahyanto dalam keterangan tertulis diterima InfoSAWIT belum lama ini.

Lebih lanjut tutur Faisal, untuk pelayanan pada tahap pertama ini sudah bisa memberikan beberapa pelayanan kesehatan terlebih sudah ada dokter umum sebanyak dua orang, serta dokter gigi satu orang, serta petugas pendukung lainnya.

Sebelumnya, dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Kotim, di Cempaga Hulu, Faisal mengaku, rencana Rumah Sakit Pratama itu akan dirampungkan pada 2021 mendatang, lantaran masih kekurangan anggaran serta munculnya pandemi Covid-19 sehingga anggaran teralokasi untuk penanganan wabah, hasilnya operasional RS tidak sesuai perencanaan.

“Saat ini beropreasi layaknya puskesmas. Sebab masih dibutuhkan sarana pendukung lainnya seperti gedung rawat inap, instalasi gizi, ruang bedah, ruang rontgen, laboratorium dan lainnya untuk bisa dikeluarkan ijin sebagai RS Pratama,” ujar Faisal.

Sementara Camat Cempaga Hulu, Ubaidillah mengapresiasi pembukaan secara bertahap RS tersebut, sehingga dirinya bisa menjawab pertanyaan masyarakat terkait waktu pengoperasionalan RS Pratama Pundu. "Sudah disampaikan kepada masyarakat, bahwa sementara hanya difungsikan untuk rawat jalan atau seperti layaknya Puskesmas," ujarnya. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit