infosawit

Selama Pandemi, Perusahaan Sawit Dorong Ketahanan Pangan Masyarakat



Selama Pandemi, Perusahaan Sawit Dorong Ketahanan Pangan Masyarakat

InfoSAWIT, JAKARTA - Penyebaran wabah virus corona (Covid-19) faktanya dikhawatirkan bakal berdampak pada kegiatan ekonomi masyarakat. Sebab itu, sebagai upaya menekan dampak dari wabah tersebut, kendati untuk masyarakat di luar pulau jawa sebarannya belum begitu masif, namun demikian upaya pencegahan tetap perlu dilakukan.

Misalnya dengan melakukan peningkatan ketahanan pangan bersama masyarakat sekitar perkebunan kelapa sawit perusahaan. Cara demikian dilakukan untuk mengantisipasi dampak permberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Dikatakan Head Corporate Affair BGA Kalteng, Iwan Kusnandar, pihaknya telah mempersiapkan skenario kemungkinan terburuk apabila pemberlakuan “PSBB” lokal di daerah diterapkan, salah satu caranya adalah dengan meningkatkan ketahanan pangan melalui Koperasi Unit Pelayanan Sembako (UPS) yang bekerjasama dengan masyarakat petani setempat yang menjual produk pangan. Hal ini juga sejalan dengan Surat Edaran Bupati Kotim No.500/141/Ek.SDA/III/2020.

 “Saat ini kami perusahaan sudah menyiapkan dan memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami sayur dan buah-buahan, menyiapkan peternakan, selain itu membuat kolam ikan yang bibitnya sudah kami bagikan kepada masyarakat untuk dibudidayakan,” kata Iwan Kusnandar dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, belum lama Ini.

Lebih lanjut kata Iwan, beberapa anak usaha BGA Group di Kalteng seperti, PT KMB, PT LMS, PT TTL, PT WNL, PT WNA, PT WNS, dan PT NKU yang berlokasi di wilayah Kecamatan Cempaga, Kecamatan Cempaga Hulu, Kecamatan Telaga Antang, dan Kecamatan Antang Kalang, telah melakukan langkah-langkah upaya antisipasi tersebut. “Kami saat ini sedang berbenah untuk antisipasi jika wabah Covid-19 masih akan terus berlanjut hingga bulan ramadhan,” tandas Iwan.

Unit Pelayanan Sembako (UPS) tidak hanya mendukung ketahanan pangan bagi masyarakat atau karyawan perusahaan disaat menghadapi wabah Covid-19, tetapi juga memberikan jaminan pasokan bahan pokok dengan harga wajar. (T2)

Terbit pada Majalah InfoSAWIT Cetak Edisi Mei 2020


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit