infosawit

Alliance to End Plastic Waste Luncurkan Kampanye ALL_TOGETHER GLOBAL CLEANUP



Alliance to End Plastic Waste Luncurkan Kampanye ALL_TOGETHER GLOBAL CLEANUP

InfoSAWIT, JAKARTA - Memperluas upayanya untuk mengurangi dampak sampah terhadap lingkungan, Alliance to End Plastic Waste hari ini mengumumkan kampanye ALL_TOGETHER GLOBAL CLEANUP, sebuah inisiatif global untuk membuang sampah dalam rangka memperingati World Clean-up Day 2020.

Dimulai pada World Clean-up Day 2020 (Sabtu, 19 September) Gerakan ALL_TOGETHER GLOBAL CLEANUP akan diadakan selama dua minggu di mana ribuan sukarelawan dari Alliance to End Plastic Waste, karyawan dari perusahaan anggota dan non-anggota yang berpartisipasi serta mitra akan mencari, mengidentifikasi, mengumpulkan, dan membuang sampah apa pun yang mereka temukan di lingkungan sekitar mereka. Memanfaatkan jaringan global dari para anggota Alliance to End Plastic Waste, gerakan ALL_TOGETHER GLOBAL CLEANUP berharap dapat memberikan edukasi kepada lebih dari satu juta orang tentang pentingnya membersihkan sampah.

Litterati, pemenang program inkubator yang diadakan oleh Alliance to End Plastic Waste dan Plug and Play di Amerika Serikat, mengembangkan aplikasi yang menyatukan para peserta ALL_TOGETHER GLOBAL CLEANUP. Aplikasi Litterati memungkinkan kegiatan pengambilan sampah dipantau dengan data konkret, yang memungkinkan perubahan untuk jangka panjang— mulai dari perubahan perilaku hingga membuat perusahaan mengubah kemasan mereka agar ramah lingkungan dan masih banyak lagi. Litterati menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk mengidentifikasi sampah di lingkungan melalui foto dengan tag lokasi. Semua peserta akan menggunakan aplikasi Litterati yang inovatif untuk mengunggah foto dari setiap sampah yang dikumpulkan untuk mengetahui dan melacak partisipasi peserta selama dua minggu masa kampanye.

“Besarnya tantangan sampah global bisa terasa menakutkan, namun meningkatnya partisipasi jutaan orang dalam World Cleanup Day di Indonesia selama dua tahun terakhir telah menunjukkan bahwa banyak organisasi dan masyarakat yang ingin ambil bagian dalam gerakan ini,” kata Presiden dan CEO Alliance to End Plastic Waste, Jacob Duer, dalam keterangan tertulis diterima InfoSAWIT, belum lama ini.

ALL_TOGETHER GLOBAL CLEANUP menekankan dampak besar dari setiap individu jika semua orang berkomitmen untuk bertindak. Waktu dua minggu untuk berpartisipasi dalam ALL_TOGETHER GLOBAL CLEANUP memberi peserta pilihan untuk ambil bagian ketika mereka merasa nyaman melakukannya dan membatasi kontak fisik dengan berpegang pada panduan keselamatan COVID-19 di lingkungan sekitar mereka. Para relawan dapat mengunjungi lingkungan sekitar mereka dan menggunakan kamera di aplikasi Litterati untuk mengambil foto sampah yang telah mereka kumpulkan.

Lebih lanjut melengkapi upaya ini, pemenang penghargaan inisiatif pendidikan dan pemuda, TED-Ed telah membuat rencana pelajaran dan video virtual yang dapat digunakan oleh jaringannya yang terdiri lebih dari 600.000 pendidik untuk mengajar siswa - siswi mereka, termasuk mereka yang berpartisipasi dalam ALL_TOGETHER GLOBAL CLEANUP, tentang masalah sampah di lingkungan. Pelajaran berbasis video akan tersedia di platform pendidikan gratis TED-Ed dan diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa. Kunjungi AllTogetherCleanup.org untuk mengakses rencana pelajaran dan video dari TED-Ed.

Pembersihan adalah salah satu dari empat pilar strategis Alliance to End Plastic Waste, bersama-sama dengan infrastruktur, inovasi, serta pendidikan dan peran serta aktif, yang memandu organisasi saat bekerja untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, memilih, dan berinvestasi dalam program yang mewujudkan solusi yang mencegah kebocoran sampah plastik ke lingkungan dan berkontribusi pada ekonomi sirkular. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit