infosawit

Wilmar Peroleh Pembiayaan Hijau US$ 200 Juta dari UOB



Wilmar Peroleh Pembiayaan Hijau US$ 200 Juta dari UOB

InfoSAWIT, SINGAPURA - United Overseas Bank Limited (UOB) mendukung Willmar International Limited (Wilmar), perusahaan perkebunan kelapa sawit dan agribisnis di Asia, dalam upayanya memajukan agenda keberlanjutannya melalui skim pinjaman hijau (berkelanjutan) selama dua tahun senilai US$ 200 juta.

Dalam menyusun pembiayaan hijau, UOB bekerja dengan Wilmar mengidentifikasi daftar indikator kinerja diberbagai bidang termasuk tata kelola perusahaan, emisi karbon, penggunaan lahan dan keanekaragaman hayati, hubungan masyarakat dan praktik rantai pasokan.

Indikator kinerja akan membantu dalam memastikan bahwa operasi Wilmar bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan, karena perusahaan semakin meningkatkan komitmennya untuk memenuhi permintaan pangan global tanpa menyebabkan terkurasnya sumber daya alam. Ini sangat penting mengingat populasi global diperkirakan bakal meningkat hingga mendekati 10 miliar pada tahun 2050.

Suku bunga pembiayaan akan dipatok pada pencapaian Wilmar dari target yang telah ditentukan sebelumnya, yang telah ditetapkan berdasarkan daftar indikator kinerja. Sustainalytics, merupakan platform pemeringkatan lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG) independen global akan melakukan penilaian apakah Wilmar telah mencapai target tersebut setiap tahun.

Chief Financial Officer Wilmar, Charles Loo mengungkapkan, dalam membangun bisnis yang bertanggung jawab, Wilmar percaya bahwa pencapaian tujuan keberlanjutan harus mencakup semua aspek operasi, termasuk mencari solusi pembiayaan berkelanjutan di tingkat perusahaan. “Kami sangat senang atas dukungan UOB dengan pinjaman terkait keberlanjutan ini yang sejalan dengan strategi pendanaan perusahaan secara keberlanjutan. Penting bagi Wilmar untuk terus meningkatkan kinerja ESG seiring bertumbuhnya bisnis,” tutur Charles Loo, dalam keterangan tertulis diterima InfoSAWIT, belum lama ini.

Sementara itu Head of Group Structured Trade and Commodity Finance, UOB, Lim Chen Chen mengungkapkan, bahwa pihaknya berkomitmen untuk mendukung mitranya dalam upaya pencapaian ESG, melalui pengetahuan sektor yang mendalam dan rangkaian solusi pembiayaan berkelanjutan.

“Melalui pinjaman terkait keberlanjutan ke Wilmar, kami dapat membantu mereka dalam upaya untuk meningkatkan keberlanjutan operasi dan memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini tanpa harus mengorbankan generasi mendatang dalam memanfaatkan sumber daya alam yang kita miliki saat ini,” tandas dia. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit