infosawit

RGE Diduga Melanggar Komitmen Nol Deforestasi dan Eksploitasi



Citra satelit bulan Juli 2020 menunjukkan adanya pembukaan hutan di dalam konsesi PT. Tualang Raya, Aceh Timur
RGE Diduga Melanggar Komitmen Nol Deforestasi dan Eksploitasi

InfoSAWIT, ACEH -  Merujuk Investigasi  Rainforest Action Network (RAN) menemukan Apical Group, salah satu perusahaan sawit grup Royal Golden Eagle  (RGE) mendapatkan suplai minyak sawit dari pabrik sawit PT. Syaukath Sejahtera yang menerima Tandan Buah Segar (TBS) dari PT. Tualang Raya, produsen sawit yang terungkap secara aktif merusak hutan hujan dataran rendah Kawasan Ekosistem Leuser, habitat kritis gajah dan orangutan Sumatra yang terancam punah.

Temuan ini juga mengungkap bahwa perusahaan merek dan bank dunia seperti Colgate-Palmolive, Nestlé, Mondel?z, Unilever, Kao dan bank raksasa Jepang MUFG, bank Belanda ABN AMRO dan bank Cina ICBC ikut terlibat dalam lingkaran perusakan hutan grup perusahaan ini melalui rantai suplai dan pendanaan mereka.

“Kasus keterkaitan Apical dengan penghancuran Kawasan Ekosistem Leuser merupakan temuan terbaru dari kegagalan yang terus terjadi pada operasional grup  RGE untuk menegakkan praktik Nol Deforestasi, Nol Pembangunan di Lahan Gambut, dan Nol Eksploitasi (NDPE) dalam rantai pasokan globalnya,” catat Direktur Kebijakan Hutan RAN, Gemma Tillack dalam keterangan tertulis diterima InfoSAWIT, belum lama ini.

Lebih lanjut ungkap Gemma, reputasi Colgate-Palmolive, Nestlé, Mondel?z, Unilever, dan Kao akan terus menghadapi risiko kerusakan yang serius melalui hubungan mereka dengan RGE. “Merek-merek ini harus menangguhkan semua suplai dari grup RGE dan seluruh anak perusahaan serta perusahaan terkait hingga grup perusahaan ini dapat membuktikan kepatuhannya terhadap kebijakan NDPE serta memulihkan kerugian yang ditimbulkan dari rusaknya hutan hujan dan lahan gambut Indonesia serta kesehatan masyarakat lokal," tandas Gemma. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit