infosawit

Untuk Minyak Sawit Berkelanjutan, Petani di Kobar dan Seruyan Sepakat Dirikan SPKS



Untuk Minyak Sawit Berkelanjutan, Petani di Kobar dan Seruyan Sepakat Dirikan SPKS

InfoSAWIT, PANGKALANBUN - Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) telah di deklarasikan oleh petani kelapa sawit dari dua kabupaten kotawaringin barat dan kabupaten seruyan. Deklarasi SPKS dihadiri oleh petani kelapa sawit, dinas perkebunan dan sekjen SPKS Nasional serta Yayasan Inovasi Bumi. Deklarasi dilangsungkan pada hari Minggu 27 september 2020 bertempat di Kabupaten Kotawaringin Barat. Dengan begitu, SPKS hadir di Provinsi Kalimantan tengah.

Diungkapkan sekjen SPKS, Mansuetus Darto, SPKS akan menjadi mitra strategis bagi pemerintah kabupaten untuk mendukung inisiatif kabupaten dalam membangun sertifikasi jurisdiksi. Hal itu dapat dilakukan melalui pelatihan bagi petani, pembangun kelembagaan tani dan pemetaan serta fasilitasi legalitas kebun petani.

“Masalah petani sawit di Kalimantan Tengah, hampir sama dengan petani sawit di semua kabupaten, dimana masih miskin dan peroleh harga sawit yang rendah dari harga ketetapan pemerintah. Selain itu, ada juga masalah petani sawit dalam hutan produksi. Ini merupakan tantangan bagi kabupaten dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan,” katanya dalam keterangan tertulis diterima InfoSAWIT, belum lama ini.

Sementara itu Kepala Dinas Tanaman Pangan, Pertanian Dan Perkebunan Kabupaten Kotawaringin Barat, Kamaludin Bustami, setelah resmi dibentuknya SPKS pihaknya langsung masukkan organisasi tersebut kedalam working group setifikasi kelapa sawit berbasis Jurisdiksi dan telah dibuatkan surat keputusan oleh Bupati Kotawaringin barat.

Dalam deklarasi ini, Jaka Suherman dari Kobar dan Arif Mansyur Rosyadi dari Seruyan terpilh sebagai Ketua masing-masing SPKS Kobar dan Seruyan. Mereka dipilih melalui musyawarah petani kelapa sawit di masing-masing kabupaten dan di lantik oleh Sekjen SPKS Nasional dalam deklarasi. Kedua pimpinan SPKS kabupaten ini akan memperjuangkan visi kesejahteraan dan keberlanjutan sebagaimana yang diharapkan oleh semua petani kelapa sawit dan pemerintah. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit