infosawit

6 Unit Pabrik Sawit Milik SSMS Tersertifikat RSPO



6 Unit Pabrik Sawit Milik SSMS Tersertifikat RSPO

InfoSAWIT, JAKARTA -  Dengan diterimanya sertifikat minyak sawit berkelanjutan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) bagi dua pabrik kelapa sawit milik PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS), yakni PT Tanjung Sawit Abadi (PKS Malata) dan PT Sawit Multi Utama (PKS Nanga Kiu) yang berlokasi di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, menjadi bukti perusahaan komitmen dalam menerapkan praktik sawit layak lingkungan dan sosial.

Bahkan dengan bertambahnya penerima sertifikat RSPO tersebut, secara total SSMS telah memiliki 6 pabrik kelapa sawit yang telah tersertifikat RSPO pada tahun 2020 atau telah mencapai 80% dari 8 (delapan) PKS (Pabrik Kelapa Sawit) yang dikelola Perusahaan.

“Sementara pabrik kelapa sawit sisanya yakni PT Menteng Kencana Mas (PKS Kanamit) masih dalam proses penilaian dan direncanakan akan pada semester 2 tahun 2021 sudah bisa keluar hasilnya,” catat pihak SSMS dalam informasi yang diperoleh InfoSAWIT, belum lama ini.

Diperolehnya sertifikat RSPO, selain menjaga mutu dan keberlanjutan usaha, SSMS juga melakukan pendampingan kepada Petani kelapa sawit mandiri yang berlokasi di sekitar perusahaan Sejak tahun 2018 lalu.

SSMS mendorong terbentuknya Asosiasi Petani Kelapa Sawit (APKSM) di Kotawaringin Barat, yang bertujuan untuk mengajak petani melaksanakan praktik perkebununan sawit berkelanjutan.

Petani anggota APKSM yang resmi terbentuk tahun 2019 telah menerima sertifikasi RSPO kategori pekebun swadaya, dimana APKSM beranggotakan 340 petani dengan luas lahan sekitar 710 Hektar. “Luasan sertifikasi RSPO pekebun saat ini telah mencapai 71% dari target sebanyak 1000 Hektar yang akan diselesaikan pada tahun 2020,” tandas pihak SSMS.

Sekadar informasi, pada akhir bulan Agustus 2020, Mitra Mendawai Sejati berhasil mempertahankan sertifikat International Sustainability and Carbon Certification (ISCC), merupakan salah satu sertifikat untuk pasokan biodiesel sawit yang miliki SSMS Group sebagai salah satu produsen CPO di Indonesia yang ramah lingkungan. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit