infosawit

Seniman Asal Bosnia Sulap Limbah Sawit Jadi Kerajinan Berestetika Tinggi



Seniman Asal Bosnia Sulap Limbah Sawit Jadi Kerajinan Berestetika Tinggi

InfoSAWIT, BOSNIA – Seniman asal Bosnia, Nataša Perkovic, telah membuat produk kerajinan dengan teknologi print 3D berbahan baku dari limbah kelapa sawit, sehingga menghasilkan kerajinan yang ramah lingkungan. Produk tersebut bisa berbentuk piring, mangkok, hiasan lampu gantung, serta kursi.

Sebelumnya limbah serat kelapa sawit digunakan untuk pembakaran boiler, namun faktanya tutur Perkovic, bahan selulosa dari limbah kelapa sawit ini bisa digunakan untuk bahan baku membuat produk kerajinan tangan. Cara ini menjadi salah satu upaya dalam membuat produk lebih ramah lingkungan, apalagi selama ini kelapa sawit kerap dituding bertanggung jawab atas kerusakan lingkungan.

Lebih lanjut tutur Perkovic, teknologi yang dikembangnya berasal Kyoto Design Lab, dirancang  supaya bisa menampilkan sifat-sifat material dari komposit limbah kelapa sawit sehingga dalam pembuatan produk bisa digunakan bahan baku seminimal mungkin.

”Selama ini limbah selulosa kelapa sawit belum termanfaatkan secara maksimal sebagai bahan dasar desain untuk produk kerajinan,” katanya dikutip dezeen.com.

Dengan perkembangan ilmu material berbasis bio telah memungkinkan material limbah ini bisa menghasilkan produk ber-estetika kelas atas dan bernilai fungsi. Misalnya pendekatan teknologi tinggi digunakan untuk membuat kursi, dilakukan lewat pencampuran bubuk serat mikro pohon kelapa sawit dengan asam polylactic (PLA) - bioplastik yang terbuat dari asam laktat - untuk membentuk bahan komposit baru. (T2)

Lebih lengkap Baca Majalah infoSAWIT cetak Edisi Juli 2020

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit