infosawit

Mengelola Budgeting Plan Pada Usaha Bisnis



Mengelola Budgeting Plan Pada Usaha Bisnis

InfoSAWIT, JAKARTA - Budgeting Plan merupakan hal mendasar yang harus dimiliki bagi pelaku usaha. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, maka cashflow perusahaan akan berjalan dengan normal. Perencanaan keuangan dapat diibaratkan membangun sebuah rumah yang kokoh, aman dan nyaman. Langkah pertama membangun sebuah rumah adalah dengan membuat desain atau konsep. Apabila desain dan konsep diawal dibangun dengan kokoh, maka bisnis tidak akan mudah goyah. Selanjutnya apabila konsep awal telah terbentuk, maka pelaku usaha perlu memberlakukan pengawasan tentang laporan keuangan.

Pemenuhan kebutuhan akan pentingnya melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah bentuk kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh suatu Perguruan Tinggi dengan cakupan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, maka Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Sistem Akuntansi (S1), mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan Materi : “Pelatihan Membuat Laporan Keuangan Bagi Karang Taruna Rw.01 Pinangsia Tamansari Jakarta Barat ".

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 12 September 2020 lalu, namun mengingat akan kebijakan Pemerintah tentang Social Distancing akibat wabah Pandemi Covid 19 maka kegiatan dilakukan melalui seminar online bagi para pemuda Karang Taruna di Kelurahan Pinangsia Kecamatan Tamansari Jakarta Barat. Pelatihan diberikan kepada Pemuda Pemuda Karang dengan total peserta berjumlah  20 orang.  

Dalam keterangan tertulis diterima InfoSAWIT, kegiatan pelatihan berjalan dengan lancar dan disambut dengan sangat antusias oleh para peserta. Peserta merasakan bahwa pelatihan yang diberikan sangatlah bermanfaat untuk menunjang tugas kerja mereka terutama dalam hal penguasaan membuat Laporan Keuangan  sehingga mereka para Pemuda Rw.01 menginginkan pelatihan seperti ini lagi yang berkesinambungan selain kegiatan Karang Taruna seperti Posyandu, Bakti Sosial, Kerja Bakti dan Seminar Plan Internasional yang sudah pernah dilakukan sebelumnnya.

Pada akhir acara, pimpinan atau Ketua Karang Taruna yaitu Yunita Chandra, sebagai wakil dari peserta memberikan sambutan penutup yang berisi ucapan terima kasih kepada para tutor yang telah memberikan ilmu dan pengajaran yang baik. Acara ditutup dengan sesi foto penerimaan Souvenir dari perwakilan Universitas Bina Sarana Informatika antara para peserta. (T1)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit