infosawit

Investasi Hijau Solusi Perbaikan Ekonomi Paska Covid-19



Investasi Hijau Solusi Perbaikan Ekonomi Paska Covid-19

InfoSAWIT, JAKARTA - Dikatakan Investment Associate Tropical Landscapes Finance Facility (TLFF), Bangkit Oetomo, investasi hijau sebagai model bisnis berkelanjutan bisa menjadi solusi bagi perbaikan ekonomi paska Covid-19 dan merupakan model bisnis yang akan terus berkembang dan bahkan bisa mendominasi di masa depan.

Model bisnis ini, tutur Bangkit Oetomo, memberikan ruang bagi perusahaan untuk memperkuat sistem dan daya dukung mulai dari ketersediaan suplai, perbaikan kualitas barang/komoditas, dan kepastian berbisnis untuk jangka panjang.

Lebih lanjut Bangkit Oetomo menekankan bahwa, institusinya melihat dua parameter utama dalam melakukan pendanaan yaitu dari sisi komersial dan dampak sosial serta lingkungan. Dengan demikian, terdapat prosedur due diligence dalam menganalisis potensi-potensi bisnis agar bisa benar-benar mencapai kedua parameter tersebut.

Berdasarkan hasil analisa TLFF, khusus sektor baik itu sawit, karet, kopi, atau komoditi lainnya terdapat beberapa potensi bisnis yang bisa dilanjutkan pasca Covid-19 diantaranya adalah mendesain bisnis model yang mampu mengintegrasikan produksi lokal dengan rantai pasok berkelanjutan, pembangunan model bisnis yang inklusif seperti mendesain model untuk kerjasama antara sektor swasta dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam mengelola sumber daya lokal dan membuka akses pasar.

“Serta pemberian kredit penanaman kembali (replanting) bagi petani untuk meningkatkan ketahanan sumber mata pencaharian di daerah,” katanya dalam sebuah diskusi online yang dihadiri InfoSAWIT, belum lama ini.

Lebih lengkap baca InfoSAWIT Cetak edisi Agusutus 2020


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit