infosawit

Nilai Ekpsor Minyak Sawit (CPO) Indonesia Agustus Capai US$ 1,69 Milyar



Nilai Ekpsor Minyak Sawit (CPO) Indonesia Agustus Capai US$ 1,69 Milyar

InfoSAWIT, JAKARTA - Produksi minyak sawit Indonesia menunjukkan pemulihan. Produksi bulan Agustus 2020 telah mencapai 4,2 juta ton yang sama dengan produksi bulan Agustus tahun 2019 meskipun secara total sampai dengan Agustus 6,7% lebih rendah dari produksi 2019. Peningkatan produksi terjadi selain karena mengikuti siklus musim juga karena tanaman sudah menunjukkan kepulihan setelah pemupukan semester I - 2020 kembali normal.

Nilai ekspor produk minyak sawit pada bulan Agustus sekitar US$ 1,69 milyar yang lebih rendah dari nilai ekspor bulan Juli yang mencapai US$ 1,86 milyar. Nilai ekspor tersebut tercapai pada harga rata-rata bulan Agustus CPO US$ 703/ton Cif Rott dan bulan Juli US$ 659/ton.

Sementara untuk  volume, dikatakan Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indoensia (GAPKI), Mukti Sardjono, pada ekspor Agustus sebanya 2,68 juta ton, ini tercatat lebih rendah dari ekspor bulan Juli yang mampu mencapai 3,12 juta ton.

“Penurunan volume ekspor ini diduga selain karena pengaruh Covid-19 yang belum mereda, juga karena kenaikan harga minyak sawit yang menyebabkan perbedaannya harga dengan minyak nabati lain, terutama minyak kedelai, menjadi lebih kecil sehingga sebagian pengguna beralih ke minyak lain atau importir menunggu perubahan harga,” kata Mukti dalam keterangan tertulis diterima InfoSAWIT, Selasa (13/10/2020). (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit