infosawit

Konsumsi Minyak Sawit Domestik Didominasi Biodiesel dan Oleokimia



Konsumsi Minyak Sawit Domestik Didominasi Biodiesel dan Oleokimia

InfoSAWIT, JAKARTA - Konsumsi minyak sawit dalam negeri untuk produk pangan dan oleokimia selama 2 bulan terakhir menunjukkan kenaikan. Dibandingkan dengan bulan Juli, konsumsi minyak sawit untuk pangan bulan Agustus naik sekitar 1,9% menjadi 654 ribu ton, sedangkan konsumsi untuk oleokimia naik 2% menjadi 151 ribu ton.

Sebaliknya, merujuk laporan konsumsi biodiesel turun 9,8% menjadi 576 ribu ton sehingga secara secara total, konsumsi dalam negeri pada bulan Agustus adalah 3,3% lebih rendah dari konsumsi pada bulan Juli.

Secara kumulatif sampai dengan Januari dan Februari (sebelum pandemi), konsumsi dalam negeri 2020 adalah 16% lebih tinggi dari 2019. Total konsumsi tersebut terus turun menjadi 3% sampai dengan Juni dan Juli serta menjadi 2,5% sampai dengan Agustus.

“Penurunan utama terjadi pada penggunaan untuk pangan yang secara YoY Agustus 2020 turun 14,9% sedangkan untuk oleokimia dan biodiesel lebih tinggi berturut-turut dengan 45,3% dan 26,9%,” tutur Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indoensia (GAPKI), Mukti Sardjono, dalam keterangan tertulis diterima InfoSAWIT, Selasa (13/10/2020).

Sementara itu, adanya tren naik produksi yang bersamaan dengan tren kenaikan harga menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk meningkatkan devisa melalui ekspor produk sawit. Mengingat ekspor ke China sampai dengan Agustus (YoY) adalah 37% lebih rendah dari tahun lalu dan China adalah negara yang sudah pulih dari Covid-19, sehingga ada peluang yang besar untuk mengejar ketertinggalan ekspor ke China dari tahun lalu. “Kenaikan konsumsi untuk pangan dan oleokimia dua bulan terakhir memberikan harapan kepulihan konsumsi dalam negeri,” tandas Mukti. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit