infosawit

Terbangkan UAV, Astra Agro Cegah Karhutla



Terbangkan UAV, Astra Agro Cegah Karhutla

InfoSAWIT - Semakin cepat mengetahui potensi bahaya, tentu langkah-langkah penanganan bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) akan makin efektif dan efisien. Inilah yang dilakukan Grup Astra Agro. Perusahaan perkebunan kelapa sawit itu kini memperkuat upaya pencegahan karhutla dengan penggunaan unmaned aerial vehicle (UAV). Drone atau pesawat tanpa awak yang dilengkapi kamera tersebut secara berkala akan diterbangkan sambil mengirim video hasil monitoring lapangan ke team tanggap darurat.

“Dengan kelengkapan alat dan teknologi ini, team yang ditugaskan khusus mencegah serta mengatasi karhutla bisa bergerak lebih cepat ke lokasi sesuai titik koordinat yang diinformasikan kamera drone,” ujar Senior Vice President of Communications and Public Affair PT Astra Agro Lestari Tbk, Tofan Mahdi.

Menurutnya, penggunaan teknologi seperti UAV ini juga dilakukan dalam rangka mendukung upaya pencegahan karhutla yang harus tetap menerapkan protokol Covid-19 di dalam perkebunan sawit. Bahkan, ketentuan untuk physical distancing atau jaga jarak, akan terpenuhi dengan baik.

Peningkatan efektifitas pencegahan karthutla ini, menurut Tofan Mahdi, merupakan wujud komitmen Astra Agro sebagai perusahaan perkebunan kelapa sawit yang menerapkan operasional perusahaan sesuai prinsip-prinsip keberlanjutan (sustainability).

Selain drone, sesuai Permentan No. 05 tahun 2018, Grup Astra Agro yang tersebar di beberapa provinsi memang sudah melengkapi dengan segala kebutuhan yang telah ditegaskan dalam peraturan tersebut. Mulai dari penyediaan peralatan manual seperti kepyok api, garu tajam, sekop, peralatan komunikasi, peralatan personil, peralatan pemantauan, peralatan penanggulangan pemadaman semacam pompa, selang, dan mobil pemadam kebakaran.

Tidak hanya itu, perusahaan juga membuat jalur-jalur perlintasan agar titik-titik rawan dapat diakses manakala terjadi bahaya kebakaran hutan dan lahan. 

Fire management sistem yang disusun agar ancaman karhutla dapat dicegah juga dijalankan secara ketat. Simulasi berkala dilakukan. Beberapa hal yang diatur dalam fire management sistem, meliputi mengidentifikasi area-area di dalam kebun yang berpotensi rawan karhutla, serta membuat mekanisme early warning system.

Majalah infoSAWIT Cetak Edisi Agustus 2020 cek di http://store.infosawit.com/


. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

infosawit