infosawit

Di Perdesaan Bukan Hanya Sawit Pendorong Ekonomi Setempat



Di Perdesaan Bukan Hanya Sawit Pendorong Ekonomi Setempat

InfoSAWIT, JAKARTA - Selama ini berkembang pengertian bahwa semakin besar proporsi pengeluaran untuk konsumsi bukan makanan selama sebulan terhadap seluruh pengeluaran Rumah Tangga (RT), dapat memberikan gambaran kesejahteraan suatu rumah tangga.

Berpegang pada pengertian tersebut, terdapat fakta bahwa hanya 3 dari 10 provinsi yang memiliki rata-rata konsumsi bukan makanan RT di atas rata-rata nasional dengan periode yang sama. Ketiga provinsi tersebut adalah Provinsi Riau, Kalimantan Timur dan Jambi, yang juga merupakan Provinsi dengan luasan areal sawit signifikan secara nasional. Namun demikian, fakta lain menunjukkan tingginya rata-rata konsumsi bukan makanan di perdesaan 3 provinsi tersebut tidak saja didominasi oleh desa yang menanam sawit.

Riau misalnya, jumlah desa yang menanam sawit tercatat 829 desa (44%) dari total 1.875 desa di provinsi tersebut. Artinya, konsumsi bukan makanan yang berada di atas rata-rata nasional di provinsi ini juga dikontribusikan oleh komoditas perkebunan lainnya (±64%).

Meskipun sawit merupakan komoditas utama di Riau terdapat dua komoditas perkebunan unggulan lainnya, yakni karet dan kelapa, merujuk data Badan Pusat Statistik Riau 2019, karet dan kelapa menghasilkan hampir 400 ribu ton di tahun 2018.

Kondisi serupa pun terjadi di Kalimantan Timur dan Jambi. Merujuk data Potensi Desa, Badan Pusat Statistik, jumlah desa yang menanam sawit di Kalimantan Timur tercatat 229 desa (27%) dari total 841 desa, sementara Jambi tercatat 319 (23%) dari total 1.399 desa.

Terdapat komoditas perkebunan utama selain sawit di Kalimantan Timur yakni karet dan kelapa dalam dengan kemampuan produksi 65 ribu dan 13 ribu ton di tahun 2017. (T2)

Lebih lengkap baca InfoSAWIT Cetak Edisi Agustus 2020 cek di http://store.infosawit.com/


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit