infosawit

Skor Lingkungan & Sosial DSNG Naik Signifikan



Skor Lingkungan & Sosial DSNG Naik Signifikan

InfoSAWIT, JAKARTA - PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG) naik signifikan ke peringkat 16 dengan skor 75,3% dalam daftar ranking Sustainability Policy Transparency Toolkit (SPOTT) tahun 2020 yang dikeluarkan Selasa 10 November 2020 secara daring dari London. Tahun sebelumnya DSNG hanya menduduki peringkat ke-46 dengan skor 37,3%.

Peringkat SPOTT ini adalah hasil kajian terhadap penerapan program Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola (Environment, Social & Governance atau disingkat ESG) di 100 perusahaan global yang bergerak dalam bisnis perkebunan kelapa sawit.

Tahun ini, DSNG juga tercatat sebagai perusahaan kelapa sawit yang melakukan upaya perubahan dengan nilai paling tinggi dalam perhitungan SPOTT tahun 2020, yaitu sebesar 38,7%. Dari daftar 16 besar tersebut, DSNG sekaligus merupakan perusahaan perkebunan kelapa sawit publik (terbuka) yang berbasis di Indonesia dengan skor tertinggi.

Berdasarkan penilaian ESG dari SPOTT, DSNG memiliki skor untuk aspek Environmental (indikator yang terkait dengan lingkungan hidup) sebesar 71,8%, Social (indikator sosial) sebesar 80,6% dan Governance (indikator tata kelola) sebesar 59,0%.

Direktur Utama DSNG, Andrianto Oetomo, mengatakan kenaikan peringkat ini menggambarkan keseriusan dan komitmen DSNG dalam mengelola Environment, Social dan Governance yang praktiknya semakin meningkat dalam setahun terakhir.

“Kami bertekad untuk mengintegrasikan ESG dalam segala aspek usaha sebagai cara kami berbisnis. Semua proses produksi baik di segmen usaha kelapa sawit maupun produk kayu harus mengimplementasikan kerangka keberlanjutan sehingga produk kami dihasilkan melalui praktik bisnis yang baik serta tersertifikasi berdasarkan standar internasional. Tak hanya itu, limbah yang dihasilkan dari proses produksi pun harus diberdayagunakan agar dapat memberikan manfaat ekonomis maupun manfaat terhadap lingkungan,” tandas Andrianto, dalam keterangan tertulis diterima InfoSAWIT, Rabu (11/11/2020). (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit