infosawit

Petani Sawit Adakan Pelatihan Sawit Berkelanjutan



Petani Sawit Adakan Pelatihan Sawit Berkelanjutan

InfoSAWIT, SEKADAU – Dikatakan Ketua Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS), Kabupaten Sekadau, Bernadus Mohtar, pihaknya mengadakan Training of Trainers (TOT) bagi pelatih sawit lestari (PSL). Kegiatan tersebut mengambil tema, "Menyiapkan Pelatih Sawit Bagi Petani Untuk Prakondisi Menuju Sertifikasi ISPO"

Lebih lanjut tutur, Bernadus Mohtar, ini adalah upaya SPKS untuk memperkuat kapasitas penyuluh baik itu dari pemerintah maupun penyuluh swadaya yang berasal dari anggota kelembagaan petani yang ada di beberapa desa di sekadau.

Hadir dalam pembukaan acara TOT PSL tersebut diantaranya, Sekretaris Dinas DKP3 Kabupaten Sekadau Edy Mulyono, Ketua Forum Pengembangan Perkebunan Strategis Berkelanjutan FP2SB), Ahmad Manggabarani, dan Manager  Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Parindu, Asbullah Hasibuan, serta Kepala Bidang Perkebunan Ifan Nurfatria.

Kepala Bidang Perkebunan Kabupaten Sekadau, Ifan Nurfatria, mengapresiasi kegiatan TOT PSL yang dilakukan, lebih lanjut Ifan Nurfatria menjelaskan  hinga saat ini jumlah petani sawit swadaya dikabupaten Sekadau mencapai sekitar 31 ribu Ha lebih dan tersebar di seluruh wilayah kabupaten Sekadau. Dari data tersebut, yang sudah mengurus surat tanda daftar budidaya ( STDB) baru 265 petani. Dan ini masih sangat jauh dari harapan kata Ifan Nurfatria mengakui. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit