infosawit

Tak Sekadar Topang Ekonomi, Sektor Sawit Dukung Kesejahtaraan Masyarakat



Tak Sekadar Topang Ekonomi, Sektor Sawit Dukung Kesejahtaraan Masyarakat

InfoSAWIT, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) bidang Agribisnis, Pangan dan Kehutanan, Franky O. Widjaja mengungkapkan, industri sawit tidak hanya menopang perekonomian. Industri sawit juga mendorong kesejahteraan rakyat sebagai sektor yang padat karya.

Ia mengatakan, pada Indonesian Palm Oil Conference (IPOC) 2020 New Normal, yang diselenggarakan secara virtual, dihadiri InfoSAWIT,  Kamis (3/12/2020), setidaknya terdapat sekitar 16 juta masyarakat Indonesia bergantung hidup terhadap industri sawit, baik langsung maupun tidak langsung.

Selain itu dengan peningkatan populasi dunia dan permintaan pasar akan minyak nabati, Franky mendorong industri sawit untuk menopang ketahanan pangan dunia. Ia menjelaskan sawit sebagai minyak nabati yang paling produktif dan efisien dibandingkan minyak nabati lainnya sehingga mampu memenuhi kebutuhan pasar dunia.

Minyak sawit memproduksi setidaknya 5 ton per hektar per tahun sehingga hanya membutuhkan 40 juta hektar untuk memenuhi kebutuhan pangan dunia.  Sementara itu, kedelai dengan produksi rata-rata produksinya 0,45 MT/ha/tahun maka membutuhkan 445 juta hektar lahanz Dan  kanola yang produksi rata-ratanya 0,78 MT/ha/tahun membutuhkan lahan seluas 290 juta hektar.

“Dengan potensi yang besar, Kami yakin industri sawit Indonesia mampu memenuhi pangsa pasar domestik juga dunia terlebih jika terus mampu meningkatkan produktivitas,” tandas Franky. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit