infosawit

59 Pabrik Terima Sertifikat MSPO Rantai Suplai Sawit



Ilustrasi Perkebunan Kelapa Sawit
59 Pabrik Terima Sertifikat MSPO Rantai Suplai Sawit

InfoSAWIT, MIRI – Merujuk informasi dari Dewan Sertifikasi Minyak Sawit Malaysia (MPOCC), perkebunan yang telah bersertifikat Malaysian Sustainable Palm Oil (MSPO), khusus untuk di negera bagian Serawak terdapat 583 perkebunan kelapa sawit di bawah kategori perkebunan, 76 pabrik kelapa sawit (PKS) dengan kapasitas 4.910 ton TBS per jam.

Serta untuk kategori pabrik, terdapat 59 penerima sertifikat MSPO, yang terdiri dari pabrik kelapa sawit, kilang, pabrik oleokimia, pabrik biodiesel dan pabrik inti sawit di bawah kategori sertifikasi Proses Sertifikasi Rantai Suplai (SCCS) MSPO.

Ketua Dewan Sertifikasi Minyak Sawit Malaysia (MPOCC) Muhtar Suhaili mengatakan, pemerintah Malaysia berkomitmen untuk dan akan terus memberikan dukungan kepada para pemangku kepentingan di Sarawak guna meningkatkan pengembangan industri minyak sawit nasional.

Sementara mengenai status sertifikasi MSPO di Sarawak, Muhtar mengatakan Sampai 15 September 2020, negara bagian tersebut telah memiliki 1,71 juta hektar area perkebunan kelapa sawit, dimana sebanyak 86,4% dikelola oleh perushaan besar, dan sisanya 13,6% sedang dikembangkan oleh petani kecil.

Dikutip The Borneo Post, untuk operasi kebun plasma, terdapat  sebanyak 17.785 petani perorangan yang mengelola 99.354,62 hektar area perkebunan ikut serta dalam Kelompok Kelapa Sawit Berkelanjutan (SPOC) dan telah mendapatkan sertifikasi MSPO. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit