infosawit

Dampak Pandemi Terhadap Sektor Sawit



Sektor sawit terapkan protokol kesehatan ketat.
Dampak Pandemi Terhadap Sektor Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA - Pada awal tahun 2020, produksi minyak sawit (CPO) asal Indonesia tercatat mengalami penurunan, bahkan ini terjadi hingga semester I tahun 2020. Namun demikian kata pihak pelaku, penurunan produksi tersebut lebih banyak diakibatkan musim kemarau 2019 yang berkepanjangan, bukan akibat adanya pandemi covid-19.

Dampak Covid-19, lebih banyak mempengaruhi aktivitas ekspor minyak sawit asal Indonesia, lantaran dengan munculnya pembatasan aktivitas menyusul diterapkannyan kebijakan lockdown yang dilakukan beberapa negara pengimpor minyak sawit guna memutus sebaran pandemi, telah memperlambat distribusi, demikian juga akibat pemberlakuan Pembatasan sosial berskala besar yang dilakukan di Indonesia.

Dikutip majalah InfoSAWIT Edisi November 2020, kegiatan ekspor minyak sawit yang terpengaruh oleh adanya pandemi covid-19 utamanya terjadi pada bulan Maret 2020, namun demikian kondisi itu mulai berangsur pulih seiring dengan diterapkannya kebijakan kenormalan baru (new normal), termasuk kembali dibukanya akses pelabuhan selama masa kenormalan baru.

Faktanya pandemi juga telah membuka potensi peningkatan baru pada produk perawatan pribadi dan cairan pembersih, disaat konsumsi minyak sawit untuk bahan pangan mengalami penurunan akibat adanya perubahan perilaku lantaran pembatasan aktivitas.  (T2)
 

Terbit pada Majalah InfoSAWIT Edisi November 2020

Baca di : http://store.infosawit.com/

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit