infosawit

8 Karakter Asisten Kebun Sawit yang Perlu Dimiliki



8 Karakter Asisten Kebun Sawit yang Perlu Dimiliki

InfoSAWIT, JAKARTA - Karakter asisten di perkebunan kelapa sawit, yang diperlukan agar dapat mengelola afdeling dengan baik sedikitnya terdapat delapan karakter, diantaranya pertama, kondisi berbadan sehat, ini sangat penting lantaran untuk melakukan pekerjaan apapun, sebab itu berbadan sehat menjadi mutlak diperlukan apalagi pekerjaan asisten secara fisik sangat memerlukan kondisi kesehatan yang prima, karena seorang asisten afdeling bekerja mulai dari sebelum matahari terbit (apel pagi) dan pulang setelah matahari tenggelam (menghabiskan TBS).

Kedua, bermental kuat, pekerjaan asisten banyak berinteraksi dengan karyawan dalam jumlah banyak (sekitar 60 karyawan lebih) sehingga diperlukan mental yang kuat, karena yang diatur adalah karyawan buruh dengan tingkat pendidikan yang beragam, dimana karakter pekerja seperti ini tidak memiliki alur pikiran yang panjang (sumbu pendek), sehingga apabila Asisten memiliki mental lemah dipastikan bakal sulit mengatur karyawan guna mencapai target.

Ketiga, berhati lembut, sebenarnya ini adalah kekuatan yang bisa menundukkan karyawan sehingga relatif lebih gampang diatur. Karyawan akan lebih mudah dikendalikan bila Asisten tidak menggunakan cara yang keras. Bahkan cara yang keras akan membuat karyawan tidak melaksanakan perintah, kalaupun dilaksakan hanya sekedar melaksanakan perintah sehingga hasilnya tidak maksimal.

Keempat, berotak bisnis, ini sangat diperlukan untuk staf perusahaan dimana saja. Seorang staf yang termasuk manajerial maka  dalam melaksanakan tindakan pekerjaannya harus dipertimbangkan apakah pekerjaan ini akan memberikan keuntungan, baik jangka pendek atau jangka panjang. (Ahmad Hulaimi/Praktisi Perkebunan Kelapa Sawit)

Lebih lengkap baca majalah InfoSAWIT Edisi November 2020

Baca InfoSAWIT: http://store.infosawit.com/


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit