infosawit

Pasar Minyak Sawit Afrika Selatan Menjanjikan



Pasar Minyak Sawit Afrika Selatan Menjanjikan

InfoSAWIT, JAKARTA - Merujuk UN Comtrade, di tahun 2019 tercatat ada penurunan volume dan nilai impor tetapi dengan kondisi pandemi Covid-19, impor minyak sawit Afrika Selatan dari Indonesia tercatat masih bagus, bahkan pada semester I tahun 2020 tercatat impor minyak sawit Afrika Selatan dari Indonesia telah sebanyak 214,28 ribu ton.

Dikutip Majalah InfoSAWIT, penurun impor minyak sawit itu diperkirakan akibat adanya upaya pencegahan sebaran pandemic covid-19, namun dengan upaya dan kebijakan yang telah diterapkan harapannya akan ada peningkatan volume impor minyak sawit di Afrika Selatan.

Dalam catatan GAPKI, tren impor minyak sawit Afrika Selatan bisa berupa produk setengah jadi atau produk yang langsung digunakan, diantaranya ada dua kelompok produk yang bisa dibutuhkan pasar minyak sawit Afrika Selatan yakni untuk makanan, biasanya berupa RBD palm olein, produk minyak goreng curah, serta minyak goreng kemasan, lantas margarin dan butter dan lainnya.

Kelompok kedua untuk non makanan, biasanya untuk bahan pembersih dan produk perawatan pribadi, misalnya deterjen, kosmetik atau berupa produk bahan baku oleokimia (fatty acid, stearin, kernel stearin), dan lainnya.

Sebab itu guna menggenjot pasar ekspor minyak sawit ke Afrika Selatan, perlu dilakukan beberapa langkah strategis mislanya, mencoba untuk dilakukannya perundingan perdagangan antara kedua negara, lantas melakukan kerjsaama kampanye positif antara Indonesia dan Afrika Selatan. (T2)

Lebih lengkap baca majalah InfoSAWIT Edisi November 2020

Baca InfoSAWIT: http://www.store.infosawit.com/


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit