infosawit

Indonesia-Hungaria Sepakat Perkuat Perdagangan, Serta Dorong Ekspor Produk Unggulan



Indonesia-Hungaria Sepakat Perkuat Perdagangan, Serta Dorong Ekspor Produk Unggulan

InfoSAWIT, JAKARTA – Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi, menerima Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Hungaria, Péter Szijjártó, pada hari Selasa (16/2) di Kantor Kemendag. Dalam pertemuan tersebut, kedua Menteri mendiskusikan sejumlah upaya peningkatan perdagangan bilateral, antara lain pendirian gudang penyimpanan dan pusat distribusi (Stockpile) produk Indonesia di Hungaria. Stockpile tersebut diharapkan dapat meningkatkan efisiensi waktu dan biaya, sehingga dapat mendorong ekspor Indonesia ke Hungaria dan wilayah Eropa Tengah dan Timur.

“Menteri Szijjártó menyambut baik rencana tersebut dan siap membantu realisasinya. Saya akan minta perwakilan Indonesia di Budapest untuk menindaklanjutinya,” ujar Menteri Perdagangan, Lutfi, dalam keterangan tertulis diterima InfoSAWIT

Kedua pihak juga membicarakan isu perdagangan lainnya, seperti dukungan penyelesaian Perundingan Indonesia-EU CEPA secepatnya dan penjajakan kerja sama imbal dagang. Hungaria merupakan salah satu negara mitra nontradisional yang potensial di Eropa dan dapat menjadi hub ke wilayah Eropa Tengah dan Timur.

Kata Lurfi, produk santan Indonesia  saat ini menjadi market leader di sana, sebab itu pihaknya meyakini dapat mendorong ekspor berbagai produk unggulan lainnya seperti minyak sawit mentah (CPO), perhiasan, mi instan, dan suku cadang otomotif. “Saya optimis hubungan perdagangan bilateral dapat ditingkatkan dengan beberapa kerja sama yang kami diskusikan tadi,” tegas Mendag.

Sekadar informasi tahun 2020 lalu, nilai total perdagangan Indonesia-Hungaria mencapai US$ 212,7 juta dengan tren peningkatan 15,62% dalam periode 2016—2020.  Nilai ekspor dan impor Indonesia ke Hungaria masing-masing tercatat sebesar US$ 81,5 juta dan US$ 131,2 juta. Sementara itu, nilai investasi Hungaria di Indonesia pada 2020 tercatat senilai US$ 1,5 juta. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit