infosawit

Kemitraan Sawit Dengan Media



Kemitraan Sawit Dengan Media

InfoSAWIT - Merebaknya berbagai isu-isu negatif mengenai kelapa sawit, memang banyak bersumber dari areal perkebunan kelapa sawit. Isu pekerja anak, hak-hak pekerja, isu jender hingga penyerobotan lahan dan kebakaran hutan, kerap menjadi santapan media setiap harinya. Maraknya berbagai isu-isu negatif tersebut, hingga dewasa ini terus terjadi tanpa adanya kontra isu yang jelas dan terencana.

Pemilik bisnis dan para pelaku usaha perkebunan kelapa sawit adalah pihak yang paling dirugikan, dengan merebaknya berbagai isu-isu negatif yang menjatuhkan kredibilitas produk minyak hasil. Di posisi industri hilir, berbagai kecaman dan boikot produk berbahan baku minyak sawit, hingga menjadi gerakan anti palm oil yang meluas.

Baru-baru ini, propaganda media asing kembali gencar dilakukan, melalui berbagai laporan dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang memiliki aliansi dengan founding dari negara asing juga gencar menyuarakan berbagai temuan negatif yang sangat merugikan industri minyak sawit dari hulu hingga hilir.

Paradoks media yang terjadi dari medio 1990an hingga sekarang, cenderung kian menekan keberadaan minyak sawit sebagai produk yang memiliki pencitraan negatif. Bahkan, minyak sawit yang dikenal luas sebagai CPO, seringkali identik dengan pemusnahan hewan langka hingga perusakan dan kebakaran hutan dan lahan di Indonesia.

Sebagai produsen minyak sawit terbesar dunia, Indonesia seharusnya memiliki strategi jitu yang mampu menyajikan berbagai fakta positif pada media nasional maupun internasional. Tak hanya berdiam diri, melainkan harus mampu menyuarakan keberadaan bisnis minyak sawit di Indonesia yang mampu mewujudkan pembangunan nasional berkelanjutan (SDGs) tanpa henti.

Pasalnya, perkebunan kelapa sawit yang membentang luas dari wilayah Sabang hingga Merauke, memiliki banyak keunikan dan kegiatan positif, yang mampu memberikan penjelasan dan jawaban berdasarkan fakta yang ada di bisnis minyak sawit. Seperti keberadaan pekerja perempuan yang memiliki hak sama dengan pekerja pria, dimana keberadaan pekerja perempuan juga memiliki kontribusi besar bagi perkebunan kelapa sawit berkelanjutan.

Sama halnya dengan berbagai isu lainnya, yang mampu terjawab dengan baik, jika berbagai cerita dan kegiatan positif perkebunan kelapa sawit mampu diceritakan melalui media secara luas. Sebab itu, peranan media dalam membantu dan membesarkan industri minyak sawit sangat besar peranannya dan memiliki dampak luas di masa mendatang.

Pantingnya keberadaan perkebunan kelapa sawit bagi perusahaan, petani dan masyarakat luas, juga menjadi cerita dan fakta menarik yang dapat dihadirkan melalui media. Dimana, kontribusi ekonomi secara signifikan mampu mendongkrak kesejahteraan hidup masyarakat secara luas, dari pedesaan hingga perkotaan.

Secara nyata, kontribusi yang diberikan perkebunan kelapa sawit, mampu mendorong adanya aktivitas ekonomi yang bertumbuh di masyarakat luas. Sehingga, masyarakat memiliki pekerjaan, mendapatkan penghasilan dan tumbuhnya berbagai ekonomi kreatif dan jasa di berbagai pelosok daerah. Tumbuhnya ekonomi masyarakat luas ini, secara signifikan juga mendorong keberadaan ekonomi nasional menjadi kuat dan merata di berbagai daerah pedesaan dan perkotaan.

Industri hilir yang berasal dari keberadaan minyak goreng, juga memiliki kontribusi signifikan akan adanya produk minyak goreng yang sehat dan murah bagi masyarakat luas. Dengan mengonsumsi minyak goreng berbahan baku minyak sawit, maka ratusan juta masyarakat Indonesia memiliki kesehatan yang baik dan dapat mengolah masakan menjadi makanan yang sehat dan lezat.

Banyaknya potensi dari produk hilir sawit, seperti gliserin, surfaktan, deterjen hingga sabun, juga memiliki kontribusi langsung bagi kesehatan dan perawatan tubuh dari masyarakat luas. Bahkan, kontribusi minyak sawit juga mampu memberikan keunikan rasa dari makanan, seperti coklat yang mampu meleleh ketika dimakan manusia.

Pentingnya kemitraan industri sawit dengan media, akan menjadi cakrawala bagi masyarakat luas guna mengenal kebajikan minyak sawit. Banyak keajaiban dari produk minyak sawit yang dapat diceritakan dan disebarkan melalui media, ketimbang hanya menulis mengenai dugaan dan prasangka buruk. Secara bersamaan  industri sawit juga harus kreatif dan berkerjasama dengan media nasional dan internasional, untuk menghadirkan berbagai cerita dan fakta menarik bagi masyarakat luas.

Bersama minyak sawit, maka kehidupan akan menjadi lebih baik dan menjaga keberlangsungan planet bumi, semoga.  

Terbit di Majalah InfoSAWIT Edisi Desember 2020

Baca di : http://store.infosawit.com/


. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

infosawit