infosawit

Berikut Manfaat Sertifkasi Sawit Berkelanjutan Bagi Petani Anggota



Berikut Manfaat Sertifkasi Sawit Berkelanjutan Bagi Petani Anggota

InfoSAWIT, JAKARTA - Sebelum membahas mengenai penambahan luasan dan anggota baru, petani yang belum mengikuti program sertifikasi perlu mendapat pemahaman yang cukup mengenai manfaat dalam mengikuti program sertifikasi. Pemahaman ini diberikan melalui sosialisasi bagi petani yang belum pernah mengetahui sertifikasi bagi petani sawit swadaya, yang pernah mendengar, tertarik, maupun petani yang sudah mengetahui tetapi belum memiliki organisasi untuk mengikuti sertifikasi.

Dalam sosialisasi tersebut dibahas mengenai kelembagaan/organisasi sebagai wadah petani untuk mengurus sertifikasi, sebab sertifikasi harus dilakukan secara berkelompok bukan diurus sendiri oleh masing-masing petani. Wadah tersebut bisa berupa Kelompok Tani, KUD, maupun asosiasi atau organisasi lain yang berbadan hukum.

Selain itu manfaat mengikuti sertifikasi yang tidak terpisahkan dari kehidupan pekebun sendiri diantaranya pelatihan mengenai budidaya perkebunan yang baik, penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) dalam bekerja, tanggung jawab pekebun menjaga kelestarian lingkungan, legalitas pekebun, juga pencatatan atas aktivitas pekebun yakni panen dan rawat. Selain itu, tak kalah penting manfaat dari mengikuti sertifikasi adalah insentif yang diterima apabila petani telah lolos dalam audit yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi.

 

Tujuan Penambahan Anggota dan Luasan

Dengan jumlah pengurus dan Internal Control System (ICS) yang cukup mewakili dari jumlah anggota, partisipasi anggota akan lebih meningkat. Sebagai contoh apabila organisasi tersebut terdiri dari beberapa gugus desa atau perwakilan kelompok tani, maka pengurus maupun ICS yang berasal dari kelompok tani tersebut akan menjadi penggerak di unit organisasi terkecil tersebut. Di sisi organisasi, monitoring organisasi terhadap unit terkecil dapat dilakukan secara optimal.

Dari sisi penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) di dalam organisasi, dari anggota baru akan ada tokoh-tokoh yang cakap selanjutnya akan masuk dalam kepengurusan dan ICS sehingga kelembagaan semakin kuat.

Organisasi petani sawit swadaya merupakan organisasi yang dibentuk oleh, dari, dan untuk anggota petani swadaya. Dengan banyak petani yang terlibat dalam kepengurusan, aspirasi dari petani akan dapat ditampung oleh organisasi sebab petani memiliki wakil di dalam organisasi. (YB. Zainanto Hari Widodo /Grup Manajer Asosiasi Petani Kelapa Sawit Mandiri  & Anggota Gugus Tugas Interpretasi Nasional Standar Petani Swadaya Rspo 2019)

Terbit di Majalah InfoSAWIT Cetak Edisi Desember 2020

Baca lengkap di: Http://store.infosawit.com/


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit