infosawit

Diakui Internasional, Sulung Research Station Pertahankan Akreditasi ISO 17025



Diakui Internasional, Sulung Research Station Pertahankan Akreditasi ISO 17025

InfoSAWIT, JAKARTA - Di dalam era globalisasi seperti sekarang ini, jaminan terkait mutu dan kualitas hasil pengujian sangat diperlukan. Peranan Laboratorium sangat menentukan dalam proses pengendalian dan penjaminan mutu. Untuk mencapai keseragaman hasil analisis antar laboratorium dibutuhkan suatu standar yang bersifat internasional yang mencakup sistem mutu dan teknis yang baik, salah satunya adalah standar ISO/IEC 17025.

Laboratorium Analitik Sulung Research Station (SRS) sebagai bagian dari Lembaga Penelitian perusahaan perkebunan  kelapa sawit, PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk., Citra Borneo Indah Group telah memperoleh sertifikat akreditasi International Organization for Standardization (ISO) 17025 : 2017, sebagai Laboratorium Penguji dengan nomor akreditasi LP-1056-IDN sejak 2016.

Laboratorium Analitik SRS berhasil mempertahankan sertifikasi akreditasi tersebut pada re-akreditasi yang dilaksanakan oleh Komite Akreditasi Nasional pada tahun 2020. Re-akreditasi tersebut ditetapkan pada 24 Februari 2021 berdasarkan keputusan hasil rapat Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan akan berlaku selama 5 (lima) tahun yaitu hingga 22 November 2025.

Dengan dipertahankannya status akreditasi Laboratorium Analitik SRS maka laboratorium tersebut telah membuktikan komitment, konsistensi dan kompetensinya dalam mengimplementasikan ISO 17025 dalam setiap kegiatan di Laboratorium. Selain itu, hal ini juga berarti bahwa Laboratorium SRS telah memenuhi berbagai persyaratan yang ditetapkan dan diakui secara internasional.

Diharapkan juga hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pelaku usaha industri perkebunan kelapa sawit maupun industri lainnya. Adapun bahan atau produk yang dapat diuji di Laboratorium Analitik SRS yaitu jaringan tanaman, tanah, pupuk anorganik, air tanah, air sungai, air limbah dan crude palm oil (CPO).

Head Of Research SSMS Fizrul Indra Lubis mengatakan, akreditasi ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dalam mewujudkan infrastruktur mutu nasional yang handal untuk meningkatkan daya saing.

“Maka keberadaan Laboratorium Analitik SRS berperan serta meningkatkan daya saing sehingga tercapai tujuan memajukan kesejahteraan umum dan memberikan nilai tambah serta kepercayaan bagi para pemangku kepentingan,” tandas dia dalam keterangan tertulis diterima InfoSAWIT, belum lama ini. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit