infosawit

Optimalisasi Media Sosial Organisasi Sebagai Sarana Informasi Dan Komunikasi Online



Optimalisasi Media Sosial Organisasi Sebagai Sarana Informasi Dan Komunikasi Online

InfoSAWIT, JAKARTA - Tidak terasa waktu berlahan pasti terus berjalan, sudah lebih dari 1 tahun pendidikan di Indonesia berjalan secara online karena pandemi korona. Saat ini sudah memasuki semester genap tahun ajaran 2020-2021, kami para pengajar terutama dosen tetap harus melaksanakan Tri Dharma Perguruan tinggi. Tim kami yang terdiri dari Bryan (ketua), Hieronimus dan Ade sebagai anggota pada semester ini tetap melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PM) secara online melalui aplikasi Zoom.

Pelaksanaan kegiatan PM semester ini diadakan di karang taruna RT 016 Kapuk Cengkareng, dengan tema optimalisasi media social. Saat ini media sosial yang dimiliki oleh Karang Taruna RT 016 Kapuk Cengkareng hanya sebatas grup Whatsapp.  Dengan adanya pelatihan ini kami ingin mengembangkan pemanfaatan media sosial lainnya seperti Instagram, Facebook dan Twitter sebagai penunjang kegiatan sehari-hari berorganisasi. Sehingga kegiatan yang telah dan akan dilakukan oleh karang taruna dapat disebarkan melalui media sosial yang dampaknya dapat diketahui tidak hanya oleh masyarakat sekitarnya tetapi juga oleh dunia karena media sosial dapat dilihat oleh siapapun. Dampak lain yang diperoleh adalah remaja maupan muda mudi dapat lebih tertarik dan bergabung dengan karang taruna untuk membuat suatu kegiatan yang dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat disekitarnya dan terhindar dari kegiatan yang kurang positif seperti narkoba dan lain sebagainya.

Target Luaran yang ingin dicapai adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra dalam menggunakan media sosial serta adanya publikasi di jurnal ilmiah cetak atau elektronik. Pengabdian kepada masyarakat yang diberikan berupa pelatihan disertai praktek dalam penggunaan media sosial Instagram, Facebook dan Twitter di Karang Taruna RT 016 Kapuk, Cengkareng Jakarta Barat. Dan dikarenakan adanya kebijakan PSBB dan himbauan untuk Physical distancing maka pelaksanaan dengan menggunakan aplikasi zoom, dimana peserta dan panitia dapat berkomunikasi langsung menggunakan media internet.

Untuk para pembaca apabila organisasi nya membutuhkan pelatihan dapat menghubungi melalui email hieronimus.hei@bsi.ac.id, kami dengan senang hati baik secara tim maupun institusi akan mencoba memberikan pelatihan yang dibutuhkan. Karena institusi kamipun selalu mencari mitra untuk pelaksanaan kegiatan PM. (T1)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit