infosawit

Perusahaan Sawit DSNG Bagikan Dividen Rp 12,5 Per Saham



Perusahaan Sawit DSNG Bagikan Dividen Rp 12,5 Per Saham

InfoSAWIT, JAKARTA – Para pemegang saham PT Dharma Satya Nusantara Tbk (“Perseroan”, “DSNG”) menyetujui pemberian dividen tunai sebesar Rp 130,7 miliar atau Rp 12,5 per saham. Keputusan tersebut disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang berlangsung pada Kamis, 8 April 2021.

RUPST tersebut diselenggarakan di Kantor Pusat DSNG Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur dan dihadiri oleh seluruh jajaran Direksi DSNG dan anggota Dewan Komisaris, baik yang hadir secara fisik maupun seara online. Jumlah pemegang saham yang hadir dalam RUPST tersebut sebanyak 9.542.428.201 saham atau mewakili 91,242% saham Perseroan, di luar saham treasury.

Pada tahun buku 2020, DSNG mencatat perolehan laba yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk Perseroan sebesar Rp 476,6 miliar. Dari jumlah tersebut, yang dibagikan kepada dividen sebesar Rp 130,7 miliar atau sekitar 27% dari total laba bersih. 

Corporate Secretary DSNG, Paulina Suryanti mengungkapkan, jumlah dividen untuk tahun buku 2020 yang dibagikan kepada para pemegang saham tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun buku 2019 lalu sebesar Rp 52,3 miliar atau Rp 5 per saham. 

“RUPST telah menyetujui pemberian dividen sebesar Rp 12,5 per saham. Jumlah dividen tunai yang dibagikan tersebut naik 150% dibandingkan dividen tahun buku 2019 lalu,” katanya dalam keterangan tertulis diterima InfoSAWIT, Kamis (8/4/2021).

Dividen akan dibagikan kepada para pemegang saham sesuai dengan ketentuan dan perundangundangan yang berlaku.

Dalam RUPST tersebut juga menyetujui untuk memberikan wewenang kepada Direksi Perseroan untuk melaksanakan pembagian dividen tersebut dan untuk melakukan semua tindakan yang diperlukan.

Sesuai dengan pengumuman jadwal dan tata cara pembagian dividen, DSNG akan membagikan dividen tunai tersebut pada tanggal 6 Mei 2021, dengan recording date pada tanggal 20 April 2021.  DSNG tidak menyisihkan untuk dana cadangan wajib karena jumlah dana cadangan wajib sudah mencapai jumlah minimum yang diwajibkan oleh ketentuan yang berlaku. Sedangkan sisa dari laba bersih dibukukan sebagai laba ditahan yang digunakan untuk memperkuat modal kerja dan investasi.

Sesuai dengan peraturan OJK, DSNG akan melaksanakan pembayaran dividen tunai kepada pemegang  saham yang berhak paling lambat 30 hari setelah diumumkannya ringkasan risalah RUPS.

Selain persetujuan pemberian dividen, RUPST pada hari ini juga menyetujui untuk perubahan susunan pengurus Perseroan, karena telah berakhirnya masa jabatan anggota Dewan Komisaris dan Direksi. Salah satu anggota Direksi baru yang diangkat adalah Albertus Hendrawan, yang telah bergabung dengan Perseroan sejak tahun 1998 dan menduduki jabatan Direktur di beberapa anak perusahaan.

RUPST juga menyetujui Perubahan Anggaran Dasar Perseroan untuk disesuaikan dengan  Peraturan OJK No. 15/POJK.04/2020 Tahun 2020 tentang Rencana dan Penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Terbuka dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 16/POJK.04/2020 tentang  Pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Terbuka Secara Elektronik. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit