infosawit

Efisiensi Penyemprotan Di Sawit: 1000 Langkah Atau Langkah 1000



Efisiensi Penyemprotan Di Sawit: 1000 Langkah Atau Langkah 1000

InfoSAWIT -  Upaya penerapan efisiensi di perkebunAn kelapa sawit terus dilakUkan, salah satu efisiensi yang bisa diterapkan ialah dalam penggunaan Nozzle VLV 50. Lantas bagaimana upaya efisiensi dari segi penyemprotan tersebut?

Dalam berkebun kelapa sawit proses perawatan kebun perlu dilakukan secara rutin, salah satunya dalam upaya mengendalikan gulma dan hama penyakit. Cara pengendalian gulma dan hama di perkebunan kelapa sawit bisa dilakukan dengan cara pengendalian kimia. Bila cara ini dipilih maka dibutuhkan alat semprot.

Alat Semprot

Dalam konteks ini yang dimaksud adalah alat semprot gendong yang menggunakan tenaga manusia untuk mendorong air keluar, jadi bukan pakai tenaga mesin, atau penggunaan tenaga lainnya.

Namun demikian sebelum melakukan penyemprotan ada baiknya melihat hal-hal yang perlu menjadi perhatian dalam pemilihan alat semprot, seperti ringan digendong tetapi tahan banting, kedua, tidak ada kebocoran sebab bila terjadi kebocoran akan mempengaruhi kesehatan penyemprot.

Sebagai ilustrasi dalam penggunaan dosis dalam penyemprotan dalam satu tangki dibutuhkan 240 ml glyfosat dan 20 gr metil per 15 liter air atau per tangki. Jika harga glyfosat Rp 52.000 per liter dan harga metil Rp 350.000 per kg (keduanya material branded) maka dalam satu tangki setara dengan Rp 19.480/tangki

Jika dari setiap 15 liter larutan per tangki terjadi pemborosan 1 liter setara dengan Rp. 1.298 bisa dibayangkan untuk areal seluas 60.000 ha berarti pemborosan bisa mencapai Rp 203.360.256 per tahun. Itu jika penyemprotan dengan menggunakan material branded. Padahal dengan cara yang lebih hemat bisa dilakukan. (Marlon Sitanggang /Agronomy Division Head USTP Group)

Lebih lengkap baca majalah InfoSAWIT Edisi Januari 2021

Http://store.infosawit.com/

Https://www.infosawit.com/news/

 


. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

infosawit