infosawit

Tiga Mandat Untuk Sektor Perdagangan



Tiga Mandat Untuk Sektor Perdagangan

InfoSAWIT, JAKARTA - Pada kabinet periode kedua Presiden Joko Widodo, Muhammad Lutfi kembali diberikan amanah guna memimpin Kementerian Perdagangan. Tercatat ada tiga agenda yang mesti dijalankannya.

Sebelumnya sempat menjabat menjadi Menteri Perdagangan pada era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan masa jabatan 14 Februari 2014-20 Oktober 2014, ia dilantik sebagai Mendag untuk mengantikkan posisi Gita Wirjawan.

Masih di era SBY, Muhammad Lufti juga sempat menjabat posisi lain setingkat menteri, yakni sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada 2005-2009, lalu Duta Besar Indonesia untuk Jepang pada 2010-2013. Saat menjabat Kepala BKPM, usianya kala itu masih 36 tahun dan Muhammad Lutfi tercatat sebagai Kepala BKPM termuda di Indonesia.

Kini dikala Presiden Joko Widodo melakukan perombakan kabinet, Muhammad Lutfi kembali didapuk menjadi Menteri Perdagangan (Mendag). Lutfi masuk ke kabinet periode kedua rezim Jokowi menggantikan posisi Agus Suparmanto yang terkena reshuffle.

Saat ditunjuk menjadi Menteri Perdagangan, tutur Lurfi, dirinya memperoleh mandat dari Presiden RI, Joko Widodo, guna mendukung pemulihan ekonomi 2021 dari dampak pandemi Covid19.  Menurutnya, Kementerian Perdagangan akan melaksanakan berbagai langkah penanganan serta kebijakan dalam menyikapi ekonomi dunia yang saat ini sedang sulit.

“Dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada di sektor perdagangan saat ini, Presiden Joko Widodo memberikan tiga mandat kepada Kementerian Perdagangan untuk segera dapat dilaksanakan,” ujar Mendag dalam konferensi pers yang diselenggarakan secara virtual, pertengahan Januari 2021 lalu, yang dihadiri InfoSAWIT

Tiga mandat tersebut, tutur Lutfi, pertama, menjaga stabilitas harga, terutama inflasi serta meningkatkan daya beli masyarakat. Kedua, membantu pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dalam menembus pasar ekspor. (T2)

Lebih lengkap baca Majalah InfoSAWIT Edisi Januari 2021

Http://www.store.infosawit.com/


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit