infosawit

P&G dan GIVE and GO Beli CS-PKO Petani Sawit Swadaya Senilai Rp 2,6 Milyar



Foto dok. Fortasbi
P&G dan GIVE and GO Beli CS-PKO Petani Sawit Swadaya Senilai Rp 2,6 Milyar

InfoSAWIT, JAKARTA – Perusahaan produk, kecantikan, kosmetik, kesehatan dan peralatan rumah tangga berbasis minyak sawit, Procter and Gamble (P&G), pada tahun 2021 mulai mendukung Petani kelapa sawit swadaya dengan cara membeli kredit RSPO Certified Sustainable Palm Kernel Oil (CSPKO) petani dari 4 Kelompok Petani Swadaya. Jumlah transaksi pembelian kredit pada Mei 2021 mencapai US$ 77.834 atau sekitar Rp 1,1 Milyar (dengan nilai tukar saat ini).

P&G adalah perusahaan yang memproduksi dengan merek dagang yang tidak asing di Indonesia, semisal Shampoo Head and Shoulders, Pantene, Pampers, Downy, Gilette, Oral-B, Viks, Olay, SK-II. P&G adalah pembeli baru, dimana baru mulai mendukung petani swadaya ditahun 2021 ini.

Sama halnya dengan P&G, sebuah perusahaan makanan yang berbasis di Kanada yaitu GIVE and GO, juga mulai mendukung petani sawit swadaya yang bersertifikati Rundtable on Sustainabel Palm oil (RSPO) dengan membeli kredit Certified Sustainable Palm Oil (CSPO) petani swadaya dari 5 Kelompok Petani. jumlah transaksi baru-baru ini mencapai US$ 111.982 atau sekitar Rp 1,5 Milyar. GIVE and Go juga termasuk pembeli baru yang baru mulai membeli kredit tahun 2021.

Dikatakan Ketua Forum Petani Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (FORTASBI), H Narno, dengan adanya dukungan pembelian kredit CSPO dan CSPKO petani sawit swadaya di Indonesia, oleh perusahaan pengguna minyak sawit di dunia, telah mendukung petani sawit swadaya dalam rantai pasok minyak sawit berkelanjutan.

“Kami semakin yakin, bahwa pembeli minyak sawit di dunia sudah mulai membagi tanggung jawab untuk turut mendorong nilai minyak sawit berkelanjutan diterapkan oleh petani swadaya. Kami akan pastikan bahwa dana kredit dari Pembeli tersebut digunakan oleh petani dengan sebaik-baiknya,” tutur Narno, dalam laman resmi FORTASBI. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit