infosawit

RP3 Sektor Perkebunan Kelapa Sawit PT Hindoli Resmi jadi Percontohan



Disclaimer: Foto diambil sebelum pandemi Covid-19
RP3 Sektor Perkebunan Kelapa Sawit PT Hindoli Resmi jadi Percontohan

InfoSAWIT, MUBA – Guna memberikan perlindungan terhadap pekerja perempuan di sektor perkebunan kelapa sawit, pemerintah telah mendorong sektor industri membangun Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan (RP3).

Pada Rabu (9/6/2021), Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPK), Bintang Puspayoga telah meresmikan Rumah Perlindungan Pekerja Perempuan (RP3) sektor perkebunan dan Day Care Ramah Anak Taman Asuh Ceria (Tara) di PT Hindoli-Cargill Kabupaten Musi Banyuasin.

Diungkapkan Puspayoga, RP3 dan Tara yang telah dibangun di PT Hindoli ini akan menjadi percontohan di Indonesia, khususnya pada sektor perkebunan kelapa sawit. 

Sementara untuk sektor lainnya pilot project RP3 yang dibentuk untuk sektor pertanian di Kabupaten Serdang Bergadai , Provinsi Sumatra Utara, sektor perikanan di Kota Bitung, Sulawesi Utara, sektor perbankan di Jakarta, dan sektor pariwisata di Kota Denpasar, Bali.

“RP3 ini merupakan kerja kolaborasi dari seluruh perangkat kerja dan perusahaan itu sendiri, kami sudah membentuk tim interdis agar setelah peresmian akan terus berlanjut,” ujarnya seperti dikutip Globalplanet.

Sementara itu dikatakan Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin, pihaknya sengaja menunjuk pembentukan RP3 dan Tara ini di PT Hindoli, supaya menjadi contoh serta memotivasi perusahaan perkebunan kelapa sawit lainnya, untuk bisa menerapkan perlindungan pekerja perempuan. 

Pjs Presiden Direktur PT Hindoli Musi Banyuasin Anton Asmara mengutarakan, pembentukan RP3 ini bertujuan memberikan perlindungan dan pemenuhan hak bagi pekerja atau buruh dan pegawai perempuan, melalui mekanisme dan koordinasi dalam penanganan masalah ketenagakerjaan di tempat kerja.

Lebih lanjut tutur Anton, pihaknya berharap proyek percontohan RP3 ini dapat ditiru oleh perusahaan swasta lainya. Serta harapannya seluruh pekerja perempuan memiliki tempat yang aman dan efektif untuk secara terbuka menyampaikan keluhan atau pengalaman yang tidak menyenangkan yang mereka hadapi. 

Ketua GAPKI Bidang Ketenagakerjaan Sumarjono saragih mengapresiasi adanya RP3 di PT Hindoli Musi Banyuasin. Ini merupakan langkah untuk mendukung  pemerintah dan agenda global dalam pemenuhan hak hak pekerja perempuan terutama di sektor perkebunan. "Kami juga telah terbikan buku panduan perlindungan hak-hak pekerja perempuan di perkebunan terutama di industri perkebunan sawit," katanya. (T2)


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit