infosawit

Petani Sawit Swadaya Menanti Keberpihakan Pemerintah Indonesia



Petani Sawit Swadaya Menanti Keberpihakan Pemerintah Indonesia

InfoSAWIT, JAKARTA - Paska terbitnya Undang-Undang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja), telah menetapkan arah kebijakan pemerintah pada tiga hal utama pertama, upaya meningkatkan investasi dalam negeri, kedua, mendukung kemitraan sosial, lingkungan & perbankan serta, ketiga, mendrong riset & inovasi berkelanjutan.

Diungkapkan Pemimpin Redaksi InfoSAWIT, Ignatius Ery Kurniawan, dari beberapa arah tujuan pembangunan yang ditetapkan pemerintah Indonesia tersebut, dapat dilihat dalam industri kelapa sawit nasional.

Dalam mata ratai industri minyak sawit, jelas nampak menerapkan skim berkelanjutan dan akan terus dilakukan sebagai sumber minyak makan, minyak non makanan, maupun sebagai sumber energi baru dan terbarukan. Dalam kenyataannya perkebunan kelapa sawit masih dihadapkan dalam beragam kendala, sebab itu semua pihak mesti bisa bekerjasama dalam mengurai kendala tersebut.

Di dalam UU Cipta Kerja pada point ketiga memiliki tujuan untuk menyesuaikan pengaturan yang mengacu pada tiga point yakni, keberpihakan, penguatan dan perlindungan, yang kemudian akan difokuskan pada dua hal, pertama, industri biodiesel sawit nasional telah mendapatkan dukungan yang cukup kuat dari pemerintah, sebab itu kedua, diharapkan pemerintah juga bisa mendukung petani lewat koperasi untuk mendapatkan manfaat langsung dari program mandatori biodiesel sawit tersebut.

“Sehingga pelaku petani yang masuk kategori pelaku usaha perkebunan kecil dan menengah memperoleh keberpihakan dari pemerintah,” kata Igantius  Ery, saat membuka Webinar FGD Sawit Berkelanjutan Vol 8, bertajuk “Peranan BPDPKS Mendorong Petani Kelapa Sawit Suplai Bahan Baku Biodiesel,” Kamis (10/6/2021), diselenggarakan InfoSAWIT, di Jakarta.

Terlebih saat ini petani sawit swadaya masih dihadapkan pada beberapa kendala seperti terkait legalitas lahan, penguatan kelembagaan Koperasi Petani, kejelasan peta lokasi kebun sawit rakyat, dukungan pelatihan, serta hasil evaluasi tahap pencapaian. (T2)

 


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit