infosawit

Cargill Berkomitmen untuk Melindungi Masyarakat Sekitar Termasuk Anak-anak



Disclaimer: Foto Diambil Sebelum Pandemi Covid19
Cargill Berkomitmen untuk Melindungi Masyarakat Sekitar Termasuk Anak-anak

InfoSAWIT, JAKARTA - Cargill melalui anak perusahaan kelapa sawitnya, Cargill Tropical Palm (CTP), telah mengoperasikan beberapa perkebunan kelapa sawit di Sumatera Selatan dan Kalimantan Barat. Cargill bekerja untuk  menghadirkan bahan pangan bagi masyarakat dunia dengan cara yang aman, bertanggung jawab, dan berkelanjutan. Sejak 2004, Cargill telah menjadi anggota aktif Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), yang mendukung produksi dan penggunaan minyak sawit berkelanjutan, telah membuat kemajuan yang signifikan dalam menerapkan Prinsip dan Kriteria RSPO di seluruh bisnisnya. Mayoritas kegiatan operasional kelapa sawit Cargill di Indonesia, serta lebih dari 25,600 hektar yang dioperasikan oleh mitra petani plasmanya, telah disertifikasi oleh RSPO.

Cargill juga telah mendapatkan sertifikat sustainability dari Pemerintah Indonesia dibawah standar Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO). Standar ISPO diperkenalkan pada tahun 2011. Standar ini menetapkan kriteria kelapa sawit yang berkelanjutan berdasarkan pada peraturan pertanian, lingkungan dan sosial di Indonesia. PT Hindoli, anak perusahaan Cargill di Sumatera Selatan, adalah salah satu perusahaan pertama yang mendapatkan sertifikat ISPO di tahun 2012. Sertifikasi ISPO diharapkan dapat meningkatkan reputasi produk sawit di Indonesia, memperkuat penegakan hukum, menghapus pengecualian, dan menciptakan keselarasan dengan standar internasional seperti RSPO dan ISCC. Secara menyeluruh, standar-standar ini menjadi landasan bagi Cargill untuk terus memantau dan mengevaluasi pelaksanaan produksi kelapa sawit yang berkelanjutan secara lingkungan, sosial dan ekonomi.

Cargill sangat bersemangat dalam mewujudkan tujuannya untuk menjadi pemimpin global dalam menghadirkan bahan  pangan bagi masyarakat dunia dan beroperasi secara bertanggung jawab di seluruh industri minyak sawit. Cargill berinvestasi, terlibat dan menghormati budaya serta mendukung pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan bertanggung jawab untuk meningkatkan standar hidup dan mendorong masyarakat yang stabil.

Cargill melalui CTP secara aktif mendukung masyarakat lokal yang tinggal di sekitar perkebunannya melalui berbagai program dan inisiatif. Di antara lain mengoperasikan lebih dari 20 pusat kesehatan dan penitipan anak untuk memberikan perawatan kesehatan gratis dan layanan dukungan bagi para karyawannya; dan, memberikan dukungan kesehatan seperti vaksinasi bagi perempuan dan anak-anak pada masyarakat di sekitar perkebunan Cargill.

Selain itu, Cargill menyediakan akses untuk pendidikan yang berkualitas. Pada 2012, Cargill menginisasi berdirinya yayasan pendidikan, Yayasan Harapan Masa Depan Cerah (YHMDC), sebuah yayasan pendidikan untuk mengelola sekolah, dari taman kanak-kanak hingga sekolah menengah pertama untuk anak-anak pekerja Cargill dan komunitas petani plasma di sekitar lokasi perkebunan Cargill. YHMDC mendanai pembangunan sekolah, perluasan ruang kelas dan fasilitas pengajaran, dan mengawasi jalannya 43 sekolah dan fasilitas pengajaran yang terakreditasi secara nasional. YHMDC memastikan kurikulumnya sesuai dengan standar kurikulum nasional dan mempersiapkan siswa secara memadai untuk masa depan yang terhubung secara global dengan tersedianya kelas bahasa Inggris dan pendidikan karakter. Saat ini, lebih dari 5.000 anak muda Indonesia yang terdiri dari anak karyawan dan anak petani plasma Cargill mendapatkan manfaat dari sekolah YHMDC.

Membimbing anak-anak menuju masa depan yang sehat dimulai dari sejak dini. Menurut Global Sustainability Manager untuk Cargill Tropical Palm, Yunita Widiastuti, CTP senantiasa melindungi hak-hak anak yang tinggal bersama orang tuanya di lokasi perkebunan kelapa sawitnya sebagai bagian dari usaha peningkatan kesejahteraan ekonomi dan sosial negara.

Komitmen berkelanjutan Perusahaan untuk melindungi anak dimulai dari melindungi karyawan dan pekerja yang sedang hamil, membantu persalinan ibu, menjaga kesehatan dan tumbuh kembang bayi serta memberikan pendidikan anak usia dini sebagai bekal kemandirian untuk menjadi dewasa. “Kami tidak hanya berkomitmen untuk menjaga anak-anak sehat dan aman, tetapi lebih dari itu,” jelas Yunita.

Itulah sebabnya Cargill bersama para karyawannya mengimplementasikan program percontohan Hak Anak dan Prinsip Bisnis (CRBP), yang bertujuan untuk menciptakan kondisi yang lebih baik bagi anak-anak dan perempuan di keluarga mereka. Di bawah program ini, anak-anak tersebut hidup di lingkungan yang aman di mana mereka dapat bermain dan belajar. Cargill juga memberikan perhatian kepada para karyawan dan pekerja wanita, membantu mereka untuk selalu menjalankan praktik kebersihan yang baik serta memeriksa kesehatan dan keselamatan mereka. (T1)

Baca Majalah InfoSAWIT Edisi Februari 2021

http://store.infosawit.com/


. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

infosawit