infosawit

3 Klaster Patut Diwaspadai, Cegah Paparan Pandemi Di Kebun Sawit



3 Klaster Patut Diwaspadai, Cegah Paparan Pandemi Di Kebun Sawit

InfoSAWIT, JAKARTA - Diakui atau tidak, beberapa masa pandemi telah terjadi di Indonesia sebelumnya, namun yang menyerupai masa covid-19 ini baru sekali ini terjadi, tetapi kita mesti tetap optimis dan tetap waspada lantaran paparan semakin luar biasa.

Virus ini dianggap sangat mebahayakan justru karena kekuatan virus ini lemah, sebab bagi yang terinveksi anak muda dengan memiliki kesehatan tinggi seolah-olah tidak terjangkit apa-apa, tetapi akan menular ke manusia dengan umur yang lebih tua, dan memiliki kerentanan terhadap suatu penyakit, itu yang akan sangat membahayakan. Semoga proses vaksinasi bisa berjalan dengan baik dan pandemi ini bisa segera mereda.

Selama 9 bulan pertama di masa pandemi tercatat tidak ada gangguan serius pada operasional perkebunan kelapa sawit yang kami kelola, lantaran kami tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Kami juga sudah menerapkan kebijakan lockdown, dan membatasi pergerakan manusia di wilayah operasional kebun, namun faktanya tingkat paparan itu masih tetap terjadi.

Secara umum paparan yang mesti diwaspadai di sekitar perkebunan kelapa sawit berasal dari 3 klaster, pertama klaster rumah sakit, dimana masyarakat sekitar kebun yang mendatangi rumah sakit dalam rangka menunggu keluarganya yang sakit, atau ada kejadian melahirkan yang memaksa harus ke rumah sakit. Lantas kedua Klaster hajatan, dan ketiga klaster melayat orang meninggal.

Ketiga klaster itu merujuk pengalaman, masing-masing berkontribusi sekitar 30%, sementara sisanya yang 10% belum diketahui musababnya, bisa dari keluarga, atau kegiatan lainya. Sebab itu tugas kita untuk terus menjaga kesehatan dan mengantisipasi supaya tidak terjadi peningkatan paparan di areal perkebunan kelapa sawit. Sekaligus memperlambat sebaran, utamanya bisa menyetop sebaran dari klaster hajatan dan melayat orang meninggal, harapannya dengan cara ini pandemi bisa diminimalisir. (Santosa Tarmudji / Direktur UtamaPT Astra Agro Lestari Tbk.)

Baca Majalah InfoSAWIT Edisi Februari 2021

http://store.infosawit.com/


. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

infosawit