infosawit

Hayoo Ikut Lomba Menulis Cerita Petani Sawit, Total Hadial Rp 111 Juta



Hayoo Ikut Lomba Menulis Cerita Petani Sawit, Total Hadial Rp 111  Juta

InfoSAWIT, JAKARTA - Dewan Negara – Negara Produsen Minyak Sawit / Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC) menggelar kompetisi menulis cerita pendek dengan tema “Petani dan Perkebunan Sawit”. 

Kompetisi ini dapat diikuti oleh mereka yang bekerja sebagai petani sawit, anggota keluarga, atau tinggal di sekitar perkebunan sawit di Indonesia, Malaysia, dan Negara produsen minyak sawit lainnya.

Lebih dari 40 persen produksi minyak sawit dunia dihasilkan oleh petani. Untuk itu, cerita yang dikirimkan terfokus pada peran penting petani dalam industri sawit termasuk dalam menghadapi tantangan-tantangannya. Sudah saatnya kontribusi besar petani kecil terhadap industri sawit diakui dalam upaya memenuhi hal terpenting dari tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) yaitu, produksi dan konsumsi yang berkelanjutan. Melalui kompetisi ini, CPOPC berharap dapat menyuarakan pentingnya membangun aliansi global petani sawit di kalangan negara-negara produsen minyak sawit dimana pertukaran informasi dan kolaborasi terus dilakukan.

Dari informasi diterima InfoSAWIT, Kompetisi ini juga akan membuat masyarakat menghargai peran penting petani kecil dalam produksi minyak nabati yang terjangkau untuk pangan dan energi.

Pemenang pertama kompetisi akan mendapatkan uang tunai U$$1000 (sekitar Rp 14 juta) dan kesempatan untuk menyampaikan kisah nyata mereka mengenai usaha-usaha petani dalam mengelola kebunnya, atau hal lain yang berhubungan dengan petani  sawit serta upaya mencapai kehidupan yang layak dan lingkungan berkelanjutan.  Total nilai hadiah uang tunai yang CPOPC akan berikan kepada para pemenang adalah US$ 7.950 (Rp 111 juta).

Cerita peserta yang dikirimkan harus berjumlah 500 - 750 kata dalam pilihan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Malaysia, Spanyol dan Prancis. Kategori lomba sebagai berikut

1. Pekerja Layak, Pendidikan, dan Komunitas Berkelanjutan. 

2. Pengentasan Kemiskinan, Mengakhiri Kelaparan, Kesehatan dan Pertumbuhan Ekonomi.

3. Penanggulangan Perubahan Iklim, Lingkungan dan Keanekaragaman Hayati. 

Seluruh cerita pemenang akan diterbitkan menjadi sebuah buku. Batas waktu pengiriman naskah 31 Juli 2021. Semua naskah dikirim secara elektronik ke alamat: cpopcstorycompetition@cpcopc.org

Info lebih lanjut mengenai lomba silahkan kunjungi: https://www.cpopc.org/events/  


. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store atau berlangganan.

infosawit